MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA KARTU ANGKA

Aulia Agustina, Radiansyah Radiansyah

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan, hal ini disebabkan dalam mengembangkan kemampuan menganal lambang bilangan anak kurang diberikan kegiatan yang menyenangkan atau pembelajaran monoton. Upaya pemecahan masalah ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran make a match dan media kartu angka. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah uuntuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan menganalisis hasil capaian perkembangan anak. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan sebanyak 3 pertemuan. Dalam setiap pertemuan guru akan menyusun perencanaan, melakukan pelaksanaan, pengamatan dan juga merefleksi. Adapun instrumen dari penelitian ini adalah rubrik dan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil capaian perkembangan kognitif dalam mengenal lambang bilangan. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan dari kategori Baik pada pertemuan I menjadi Sangat Baik pada pertemuan III. Aktivitas anak secara klasikal juga mengalami peningkatan dari kategori Kurang Aktif pada pertemuan I menjadi Sangat Aktif pada pertemuan III. Dan hasil perkembangan anak secara klasikal meningkat dari pertemuan I Belum Berkembang (BB) menjadi Berkembang Sangat Baik (BSB) pada pertemuan III.


Keywords


Lambang bilangan, model make a match, media kartu angka.

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, S., Annisa, M., & Kusnadi, D. (2018). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V-B Sdn 045 Tarakan. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(1), 11–18. https://doi.org/10.24929/lensa.v8i1.29

Aminah, M., & Radiansyah. (2021). Developing Cognitive Development of Children Using Combination of Rection Model of Group B1 At Islamic Bakti 1 Banjarmasin. Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 1(2), 1–8.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).

Bujuri, A, D. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Literasi, 9(1).

Erny Purwasih. (2015). Implementttasi Model Make A Match Dalam Mengembanngkan Kemampuan Kognitif Anak Mengenal Lambang Bilangan Pada Kelompok A TK Guyub Mentari Mataram. Jea, 1(1), 1689–1699.

Fitriana, F., & Novitawati, N. (2021). Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Melalui Kombinasi Model Make a Match, Metode Bermain Angka Dan Media Papan Flanel Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 25. https://doi.org/10.20527/jikad.v1i1.3221

Handaryani, N. M. D. P., & Pudjawan, I. K. (2021). Model Pembelajaran Make A Match Meningkatkan Perkembangan Kognitif dalam Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 101. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.15721

Nayazik, A., Suwignyo, J., & Meidika, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam Mengurutkan Lambang Bilangan Melalui Media Kartu Angka. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 160–171. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p160-171

Ockti, S. dkk. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1-10 Melalui Permainan Pohon Hitung Pada Anak Usia 4-5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 4(3).

Pandiangan, A, P, B. (n.d.). Penelitian Tindakan Kelas (Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru dan Kompetensi Belajar Siswa). Deepublish Publisher.

Prapat, A. (2020). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisi PAUD. Edu Publisher.

Sumriah; Purwanti, R. (2022). MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK MENGENAL BENDA BERDASARKAN FUNGSINYA MELALUI DEMAMAPAPA DI KELOMPOK B TK NEGERI BARAMBAI. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(2), 31–40.

Suriansyah, A., & Aslamiah. (2011). Strategi Pembelaiaran Anak Usia Dini. 1–13.

Suwardi, S., Firmiana, M. E., & Rohayati, R. (2016). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v3i1.7708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats