MENGENAL HURUF DENGAN KOMBINASI MODEL DEMONSTRATION, MAKE A MATCH, METODE BERMAIN DENGAN MEDIA FLASHCARD
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pada rendahnya perkembangan kognitif anak pada kelompok B TK Negeri Pembina Kuala Kapuas dalam kemampuan mengenal huruf. Hal ini disebabkan karena pembelajaran kurang menarik, pembelajaran yang saja berpusat satu arah dan pembelajaran yang masih bersifat abstrak. Tujuan penelitian ini mendekripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas anak dan hasil pengembangan kemampuan kognitif anak dalam mengenal huruf. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 4 kali pertemuan, subjek penelitian adalah kelompok B3 TK Negeri Pembina Kuala Kapuas yang berjumlah 12 orang anak. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) Aktivitas guru pada pertemuan 1 hingga pertemuan 4 mengalami peningkatan dari persentase 63% sampai persentase 94%. (2) Aktivitas anak pada pertemuan 1 hingga pertemuan 4 mengalami peningkatan dari persentase50% hingga mencapai persentase 100%. (3) Hasil perkembangan kognitif pada pertemuan 1 hingga pertemuan 4 mengalami peningkatan dari mulanya memperoleh persentase 33% hingga mencapai persentase100%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
., oman Jampel, M. P. . N. P. H. S. S., Ny, D. I., & Nice Maylani Asril, S.Psi., M. P. . (2015). PENERAPAN METODE BERMAIN DENGAN MEDIA KOTAK HURUF UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK KELOMPOK B SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015 DI TK WIJA KUSUMA II PEREAN. Jurnal Guruan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/PAUD.V3I1.5886
Anisah, S. S., Nurhafizah, N., & Yetti, R. (2018). Implementation of children kinesthetic intelligence development activities in kindergarten. JPPI (Jurnal Penelitian Guruan Indonesia), 4(2), 104–110. https://doi.org/10.29210/02018253
Cardona, F., & Maimunah, M. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG ANGKA MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER, TALKING STICK DAN PERMAINAN BENDERA PINTAR. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 42–51. https://doi.org/10.20527/JIKAD.V2I1.4699
fitriana, fitriana, & Novitawati, N. (2021). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ASPEK KOGNITIF MELALUI KOMBINASI MODEL MAKE A MATCH, METODE BERMAIN ANGKA DAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 25–30. https://doi.org/10.20527/JIKAD.V1I1.3221
Gentala, J., & Dasar, P. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Guruan Dasar, 3(2), 181–202. https://doi.org/10.22437/GENTALA.V3I2.6758
Hasanah, T., Victoria, D., Journal, I. A.-P. E., & 2019, undefined. (n.d.). Penggunaan media flash card untuk meningkatkan daya ingat kosakata bahasa inggris siswa kelas 4 sekolah dasar. Journal.Unla.Ac.Id.
Hayati, F., Amelia, L., Hanisah, dan, & Bina Bangsa Getsempena, S. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN BOLA HURUF PADA KELOMPOK B DI TK MAWADDAH WARAHMAH ACEH BESAR. Jurnal Buah Hati , 7(1), 65–73. https://doi.org/10.46244/BUAHHATI.V7I1.940
Istiqamah, M., Asniwati, A., & Putri, H. (2022). DEVELOPING FINE MOTOR CAPABILITIES IN CREATING GEOMETRY PATTERN USING CUCHING LARI DAN DEMO RIANG IN GROUP A. E-CHIEF Journal, 2(1), 44–52. https://doi.org/10.20527/E-CHIEF.V2I1.5257
Jf, N. Z., & Azmi, K. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA ANAK USIA DINI. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Guruan Dan Anak Usia Dini, 2(1), 60–72. https://doi.org/10.24952/ALATHFAL.V2I1.5312
Kelompok, D. I., Tk, B., Barambai, N., & Purwanti, R. (2022). MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK MENGENAL BENDA BERDASARKAN FUNGSINYA MELALUI DEMAMAPAPA DI KELOMPOK B TK NEGERI BARAMBAI. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(2), 31–40. https://doi.org/10.20527/JIKAD.V2I2.5448
Marinda Progam Pascasarjana IAIN Jember Prodi PGMI, L. (2020). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. An-Nisa’: Journal of Gender Studies, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/ANNISA.V13I1.26
Mega & Wahyudi, M. D. (2021). Mengembangkan Kognitif Melalui Model Picture and Picture dan Creative Problem Solving di TK. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(2), 13–24.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADAKONSEPENERGI PANAS DAN BUNYI MELALUIKOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRITERBIMBING DANMAKE A MATCHDENGANMENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADASISWAKELAS IV SDN SEBERANG MESJID 5BANJARMASIN - ULM Repository. (n.d.).
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA KARTU ABJAD PADA ANAK KELOMPOK B DI TK TUNAS BARU TOMBANG KECAMATAN WALENRANG KABUPATEN LUWU. (n.d.).
mujahaddah, mujahaddah, Effendi, R., & Rafianti, W. R. (2021). MENGEMBANGKAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DEMONSTRATION, MODEL NUMBER HEAD TOGETHER, DAN PERMAINAN TRADISIONAL PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 1–7. https://doi.org/10.20527/JIKAD.V1I1.3219
Nelawati, N. C., Karsono, K., & Palupi, W. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Kumara Cendekia, 7(4), 394–402. https://doi.org/10.20961/KC.V7I4.35365
nurul, hikmah, & Sulistiyana, S. (2021). MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI, PEMBERIAN TUGAS DAN TEKNIK MOZAIK TK AL-AMIN MARTAPURA. E-CHIEF Journal, 1(2), 18–24. https://doi.org/10.20527/E-CHIEF.V1I2.4104
Obsesi, J., Jurnal, :, Anak, P., Dini, U., & Tatminingsih, S. (2019). Alternatif Stimulasi Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif. Jurnal Obsesi : Jurnal Guruan Anak Usia Dini, 3(1), 183–190. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V3I1.130
Pahrul, Y., Amalia, R., & Guru Guruan Anak Usia Dini Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, P. (2021). Jurnal Obsesi: Jurnal Guruan Anak Usia Dini Metode Bermain dalam Lingkaran untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Guruan Anak Usia Dini, 5(2), 1464–1471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.812
Penelitian Tindakan Kelas - Nanda Saputra - Google Buku. (n.d.).
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MENGENAL KONSEP ANGKA DI TK/PAUD | PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN. (n.d.).
PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 3-4 TAHUN DI TPA YAYASAN PANTISILA PAUD SANTO RAFAEL SINGARAJA | MIDWINERSLION : Jurnal Kesehatan STIKes Buleleng. (n.d.).
Pengelolaan Lingkungan Belajar - Rita Maryana , Yeni Rachmawati - Google Buku. (n.d.).
Pengembangan Media Flashcard untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Anak Usia 4-5 Tahun) di Desa Puyung Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah | Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education. (n.d.).
Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal huruf melalui permainan puzzle huruf pada anak Kelompok B di PAUD Mawar Hungayonaa Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo | UNG REPOSITORY. (n.d.).
Pratesi, P. C. (2018). PERSEPSI GURU PAUD TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MENGHAMBAT DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI PAUD SE-KECAMATAN UJAN MAS KABUPATEN KEPAHIANG. Raudhatul Athfal: Jurnal Guruan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 72–79. https://doi.org/10.19109/RA.V2I2.2849
Purwanti, R., Aslamiah, Suriansyah, A., & Dalle, J. (2018). Introducing Language Aspect (English) To Early Childhood Through The Combination Of Picture And Picture Model, Talking Stick Model, Flashcard Media, And Movement And Song Method In B1 Group At Matahariku Bilingual Kindergarten Landasan Ulin Tengah. European Jurnal of Education Studies, 5, 27. https://doi.org/10.5281/zenodo.14941
DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v3i1.7710
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats