MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK KELOMPOK B MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK DENGAN MEDIA FLASHCARD

Azrina Nursyafitri, Ahmad Muhyani Rizalie

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aspek sosial emosional sikap percaya diri anak yang masih belum berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil capaian perkembangan kemampuan sosial emosional khusus nya sikap percaya diri anak. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 pertemuan. Penelitian ini dilakukan di TK Negeri Pembina Pugaan Kabupaten Tabalong pada kelompok A yang berjumlah 14 orang anak. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif untuk aktivitas guru dan anak, sedangkan data kuantitatif untuk enentukan hasil perkembangan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh kategori sangat baik. aktivitas anak memperoleh kategori sangat aktif dan hasil perkembangan aspek sosial emosional memperoleh kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB). Dapat disimpulkan bahwa menggunakan model discovery learning, metode demonstrasi dan talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil perkembangan anak.


Keywords


Sosial, Emosional, Sikap Percaya Diri, Model Discovery Learning, Metode Demonstrasi, Model Talking Stick.

Full Text:

PDF

References


Adhani, D. N., Khofifah, N., & Yuanita, Asniwati, Hidayat, A., & Refia, W. R. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Mata pelajara; Pecahan Menggunakan Kombinasi Model Think Pair Sha; Numbered Heads Together (NHT) dan Talking Stick Pa; Asniwati. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP, 5(1), 49–62.

Djamarah, A. Z. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Eliyyil Akbar, M. (2016). Metode Belajar Anak Usia Dini. Kencana.

Faresy, N. (2021). Implementasi Model Group Investigation, Problem Based Learning, Talking Stick dan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PKN Pada Anak Kelas III SD Islam Rahmatullah Banjarmasin. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.n Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Keguruan. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin.

Fatmawati. (n.d.). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Di SDN Suko 2 Kelas IV.

Fuadi, A. (2019). Meningkatkan keterampilan menulis laporan pada tema kayanya negeriku dengan kombinasi model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW), make a match dan Talking Stick pada kelas IV SDN Pelambuan 1 Banjarmasin. Universitas Lambung Mangkurat.

Labonati, R. (2014). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Metode Pemberian Tugas pada Kelompok B di TK Al-Khairaat Lolu. Jurnal Untad, 2(2).

Masumah. (n.d.). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Demonstrasi pada Materi Gaya. 2017.

Nahdi salim, D., Afriyuni, Y. devi, & Fauziah, A. nurul. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9–16.

Nana Sudjana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar - Google Books. PT. Remaja Rosdakarya.

Noorhapizah, Nur’alim, Akhmad Riandy Agusta, dan Z. A. F. (2014). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM MENEMUKAN INFORMASI PENTING DENGAN KOMBINASI MODEL DIRECTED INQUIRY ACTIVITY (DIA), THINK PAIR SHARE (TPS) DAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS V SDN PEMURUS DALAM 7 BANJARMASIN. 5(2), 9–25.

Purwanti, R., Aslamiah, Suriansyah, A., & Dalle, J. (2018). Introducing Language Aspect (English) To Early Childhood Through The Combination Of Picture And Picture Model, Talking Stick Model, Flashcard Media, And Movement And Song Method In B1 Group At Matahariku Bilingual Kindergarten Landasan Ulin Tengah. European Jurnal of Education Studies, 5, 27. https://doi.org/10.5281/zenodo.1494188

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT. Raja Grafindo Persada.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya.

Suhaimi & Aulia Putri. (2019). Implementasi Kombinasi Model Team Assisted Individualization, Numbered Heads Together, Team Games Tournament Untuk Meningkatkna Aktivitas Belajar Anak PKN Pada Anak Kelas V SDN Pengambangan 9 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1).

Suriansyah, A., Aslamiah, S, Sulaiman., & N. (2014). Strategi Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v3i1.7712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats