MENINGKATKAN KEMAMPUAN GEOMETRI DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING KOMBINASI METODE WBT MENGGUNAKAN BAHAN ALAM KELOMPOK A
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis hasil peningkatan kemampuan geometri anak. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masng-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subyek penelitian Ialah grup A TK Negeri Pembina dengan total 12 orang anak. Data dian
Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis hasil peningkatan kemampuan geometri anak. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subyek penelitian ialah grup A TK Negeri Pembina dengan total 12 orang anak. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa perkembangan kemampuan geometri anak meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 mencapai presentase 81,93% dengan kategori anak berkembang sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpul kan bahwa model discovery learning, metode whole brain teaching dan media bahan alam bisa meningkatkan kemampuan geometri di kelompok A TK Negeri Pembina Kuala Kapuas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Susanto. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini : Konsep dan Teori / Ahmad Susanto. PT Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books/about/Pendidikan_Anak_Usia_Dini.html?hl=id&id=O0xWEAAAQBAJ&redir_esc=y
As’ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017). Buku guru matematika SMP. In MTs kelas VIII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Asfiyah, S., Hidayati, P. N., & Chalimah, S. N. (2021). Metode Jarimatika Berbasis Role Play dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(2), 135–140. https://doi.org/10.35719/mass.v2i2.70
Aulina, C. N. (2018). Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.1
Cahyani, T. R. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Melalui Media Rainbow Salt Tray Di Tk Amrah Galesong. UM Makasar, 52.
Fahma, M. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan Strategi Whole Brain Teaching (WBT) untuk melatihkan kemampuan pemahaman konsep Matematika Peserta Didik. UIN Sunan Ampel. http://digilib.uinsby.ac.id/47262/%0Ahttp://digilib.uinsby.ac.id/47262/2/Mas Atikah Ash Shufi Fahma_D04216021.pdf
Fitri, P. N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak usia Dini Kelompok B3 Melalui Metode Demonstrasi dan Media Sandpaper Alphabetic di TK Drama Wanita. Universitas Jambi.
Fitroh, d. (2016). Implementasi Strategi hole Brain Teaching (WTB) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sains Fisika di MTS Muhammdiyah Pejawaran Kabpaten Banjarnrgara. Unnes Physics Education Journal, 42–48.
Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dan Konstektual Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.
Maharani, B. Y., & Hardini, A. T. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(5), 549–561.
Masriyanto. (2020). Pengaruh Metode Whole Brain Teaching Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswi Ditinjau Dari Kemandirian Belajar (p. 28).
Muthmainnah, N. (2022). Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. In Media Edukasi Indonesia (Vol. 2, Issue 1). IAIN Pontianak Press.
Oktaviani, W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Basicedu, 2(2), 7.
PUSPITASARI, S. (2017). Penerapan Metode Discovery Learning Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Di Paud Terpadu Witri 1. IAIN Bengkulu, 10. http://repository.iainbengkulu.ac.id/2869/%0Ahttp://repository.iainbengkulu.ac.id/2869/1/SKRIPSI SELPI PUSPITASARI.pdf
Sa’ida, N. (2021). Pemahaman Konsep Geometri Anak Usia Dini pada Pembelajaran Berbasis STEAM. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunoj
DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v3i2.9128
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats