MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN ANAK MELALUI KOMBINASI MODEL ROLEX DAN MEDIA AUDIO VISUAL
Abstract
Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan aktivitas guru serta siswa serta menganalisis pengembangan kemampuan berbahasa anak menggunakan model Rolex (Role Playing, dan Explicit Instruction) dan Media Audio Visual. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas lewat 3 kali pertemuan, dengan setting penelitian pada anak kelompok B di TK Muslimat NU Martapura yang berjumlah 13 orang anak. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, wawancara dan penilaian aspek perkembangan bahasa. Analisis data penelitian ini menerapkan teknik deskriptif analisis serta cross tabulasi dijabarkan lewat tabel, grafik serta interpretasi melalui persentase. Penelitian menyatakan yaitu dengan menerapkan model Rolex (Role Playing dan Explicit Instruction) dan Media Audio Visual bisa meningkatkan aktivitas anak dengan sangat aktif dan kemampuan berbahasa tercapai dengan berkembang sangat baik (BSB). Penggunaan model dan media pembelajaran tersebut dapat menjadi alternatif pilihan dalam mengembangkan aspek berbahasa anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A, Y. (2012). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. kencan prenada media group.
Aprida. (2017). Belajar dan Pembelajaan. Jurnal Kajian Ilmu Ilmu Keislaman.
Ariandi, Y. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Aktivitas Belajar pada Model Pembelajaran PBL. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, X(1996), 579–585. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21561
Cahyati, N. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Karakter Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 2(02), 75. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1033
Fatimah, A., Rosidah, L., Kusumawardani, R., Maryani, K., Rosmilawati, I., & Kurniawati, Y. (2019). metode pembelajaran bermain peran dapat mempengaruhi kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di TKIT Raudhatul Jannah Kecamatan Cibeber Kota Cilegon, Banten. Kata.
Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498
Hartini. (2013). PENGEMBANGAN KEDISIPLINAN ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN MAKRO PADA TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI WANGLU KELOMPOK A KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2012-2013. 11–13.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. perdana publishing.
Mariyana, Rita, Rachmawati, Y., & Nugraha, A. (2013). Pengelolaan Lingkungan Belajar. kencan prenada media group.
Mawaddah, fitri nilam. (2018). No Title. 52–71.
Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. PT Remaja rosda karya.
N, P. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Roda Putar Pada Anak Kelompok A di TKn PAkunden 1 Kota Blitar. Jurnal Pendidikan Riset Dan Konseptual, 3.
Nurhatika, N. (2019). Model Explicit Instruction Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Kelas Iii Sdn 09 Mattekko Kecamatan Bara Kota Palopo. Journal of Teaching Dan Learning Research, 1(1), 41–50. https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i1.587
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 86–95.
Nurvitriawati, N., & Sulfasyah, S. (2018). Pengaruh Model Explicit Instruction terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Membaca Konsep Denah Pada Murid Kelas IV SD. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(1), 417. https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i1.1171
Rabiatul, A. (2020). NILAI-NILAI KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI DI PAUD MUTIARA 2020 M / 1441 H. 2020.
Rakhmawati, I. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Anak melalui Pendidikan Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 40. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4729
Sastra, W. (2020). Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan APPLICATION OF THE ROLE TO PLAY LEARNING MODEL TO IMPROVE RESULTS LEARN IN LESSONS SOCIAL. 04(April), 16–20.
Shoimin, A. (2017). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Ar-ruzz media.
Suriansyah, Aslamiah & Sulistiyana (2015). Profesi Kependidikan “Persfektif guru profesional.” In Syria Studies (Vol. 7, Issue 1). https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625
Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100
Sutami. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Media Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B di TK Wonorejo Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wahyudi, M. D. (2016). Implementasi Manajemen Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Lembaga PAUD Mawaddah Banjarmasin. Jurnal Paradigma, 11.
Yamin. (2012). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. GP Press.
DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v3i2.9134
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats