MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL MENGGUNAKAN MODEL DIRAUT PADA ANAK KELOMPOK B
Abstract
Rendahnya motivasi, aktivitas dan perkembangan nilai agama dan moral merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru serta menganalisis motivasi, aktivitas dan perkembangan nilai agama dan moral (melakukan kegiatan beribadah dan berperilaku baik) menggunakan model DIRAUT yang merupakan singkatan dari model pembelajaran DIrect instRuction, model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) dengan modifikasi permainan tradisional Ular Tangga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dilaksanakan 3 kali pertemuan pada anak kelompok B sebanyak 19 orang anak, 13 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi dengan sumber data guru dan anak. Hasil penelitian menemukan bahwa aktivitas guru dengan kategori sangat baik, motivasi dan aktivitas anak dengan kategori seluruh anak termotivasi dan aktif, serta perkembangan nilai agama dan moral dengan kategori hampir seluruh anak berkembang dengan persentase 95%. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi strategi pemilihan model untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan perkembangan nilai agama dan moral.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusniatih, A., & Monepa, J. M. (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini (Teori dan Metode Pengembangan). Edu Publisher.
Agusta, A. R., & Suriansyah, A. (2020). 98 Model Pembelajaran Bermuatan Pemecahan masalah Literasi Kolaborasi dan Learning is Fun. Pengertian Metode, 2.
Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331
Amelia, N., Ali, M., & Miranda, D. (2013). Peningkatan Aspek Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Tk Al-Ikhlas Ketapang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 2(8), 1–15.
Ariani, Y., Helsa, Y., & Ahmad, S. (2020). Model Pembelajaran Inovatif Untuk Pembelajaran Matematika Di Kelas IV Sekolah Dasar. Deepublish.
Aslamiah, & Agusta, A. R. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Ekosistem Dengan Muatan Ipa Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Inquiry Learning, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (Savi) Dan Team Game Tournament (Tgt) Pada Kelas 5B Sdn Sungai Miai 7. Jurnal Paradigma, 10(1), 1689–1699.
Hartika, A. S., Afiif, A., & Alwi, B. M. (2020). Pengaruh Permainan Ular Tangga Terhadap Perilaku Moral Anak pada Kelompok B TK Citra Samata. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 18. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i1.14317
Imamah, Z. (2019). Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini di Lingkungan Keluarga Perkotaan (Studi Kasus Anak usia Dini di RW 03 Kelurahan Randusari Kota Semarang). Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Ishari, N., & Adela, R. N. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Somatic-Auditory-Visualization-Intellectually (SAVI) pada Pelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di MTS Hidayatul Hasan Blukon Lumajang. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 13(2). https://doi.org/10.30739/darussalam.v13i2.1461
Kementerian Pendidikan Nasional. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014. ببب, 8(33), 37.
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479
Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Deepublish.
Ma’rifah, S., Hidayah, N., & Susilowati, F. (2018). Nilai Kejujuran Anak melalui Penerapan Permainan Ular Tangga di Taman Kanak-Kanak (Prosiding Seminar Nasional: Memaksimalkan Peran Pendidik dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini Sebagai Wujud Investasi Bangsa Jilid 4). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.
Madyawati, L., Marhumah, M., & Rafiq, A. (2021). Urgensi Nilai Agama Pada Moral Anak Di Era Society 5.0. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 18(2), 132–143. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2021.vol18(2).6781
Melsi, A. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Virus di Kelas X Sekolah Menengah Atas Nusantara Indah Sintang Tahun Pelajaran 2015/2016. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.
Noor, T. R. (2020). MENGEMBANGKAN JIWA KEAGAMAAN ANAK (Perspektif Pendidikan Islam dan Perkembangan Anak Usia Dini). Kuttab, 4(2). https://doi.org/10.30736/ktb.v4i2.269
Nurmala Ayu Desy, T. E. L., & Naswan, S. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(no.1), 1–10.
Octavia, S. A. (2020). Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Deepublish.
Purwanti, R., Talia, Y. N., Aslamiah, & Meliha. (2019). Implementasi Model Problem Solving, Somatic, Auditory, Visualization And Intelectually (SAVI) Dan Course Review Horray (CRH) Untuk Meningkatkan Aktifitas Siswa Kelas VA Di SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 127–138.
Putra, B. (2020). Berpijarlah untuk Menembus Kegelapan. Guepedia.
Putri, S. A., & Suriansyah, A. (2021). Mengembangkan Kognitif Anak Melalui Model Take and Give, Model Savi, Dan Metode Drill Pada Anak Usia Dini. E-CHIEF Journal, 1(1), 30. https://doi.org/10.20527/e-chief.v1i1.3216
Radiansyah, Sari, R., Jannah, F., & Masdiyarti. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siklus Air Menggunakan Model Improving Students’ Learning Outcomes Through The Investigation, Intellectually, Tournament. PRIMARY: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 150–160.
Rahman, H., Kencana, R., & Faizah, N. (2020). Pengembangan Nilai Moral dan agama Anak Usia Dini (R. Astuti (ed.); Pertama). Edu Publisher.
Rusman. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Bumi Aksara.
Saripudin, A., & Faujiah, I. Y. (2020). Model Edutainment dalam Pembelajaran PAUD (Ke-1). PT. Rajagrafindo Persada.
Setiawati, E., Desri, M., & Solihatulmilah, E. (2019). Permainan Ular Tangga dalam Meningkatkan Kemampuan Moral Anak. JURNAL PETIK, 5(1), 85–91. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.494
Siregar, A. (2018). Metode Pengajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI.
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10
Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran (Pertama). Kencana.
Syarifudin, A. (2019). Studi Literatur Pengembangan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini. Jurnal Jendela Bunda, 7(1), 17–31.
Syukur, A., & Makleat, N. (2021). Model Pembelajaran Somatic - Auditory - Visualization - Intellectualy (Savi) Dengan Media Puzzle Di Paud Munatuan. Jurnal PG - PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Din, 8(1), 4
DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v3i2.9178
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats