Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis HOTS Menggunakan Quizizz

Baihaki Baihaki, Agni Danaryanti, Kamaliyah Kamaliyah

Abstract


Abstrak

Rendahnya kemampuan matematis peserta didik Indonesia dalam penilaian internasional disebabkan karena peserta didik belum terbiasa mengerjakan masalah berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Salah satu cara mengatasi masalah tersebut ialah melalui pengembangan perangkat pembelajaran berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi atau HOTS. Mulai dicoba pengubahan bentuk LKPD menjadi bentuk elektronik seiring dengan perkembangan teknologi, yang mana bisa dioperasikan dengan memakai smartphone maupun komputer. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD elektronik berbasis HOTS pada materi sistem persamaan linear dua variabel menggunakan quizizz yang memenuhi kriteria valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D yang dibatasi hingga tiga tahapan yaitu define, design, dan develop. Pada tahap develop dilaksanakan uji validitas oleh tiga validator. Uji validitas terhadap pengembangan LKPD elektronik memperoleh nilai rata-rata semua aspek (π‘‰π‘Ž) sebesar 3,28 yang memenuhi kriteria valid. Dengan demikian, dihasilkan LKPD elektronik berbasis HOTS pada materi sistem persamaan linear dua variabel menggunakan quizizz yang valid.

Β 

The low mathematical ability of Indonesian students in international assessments is because students are not used to working on problems based on Higher Order Thinking Skills (HOTS). One way to overcome this is by developing learning tools based on higher-order thinking skills or HOTS in the form of student worksheets. Along with technological developments, the LKPD is converted into a digital form that can be run using a computer or smartphone. This study aimed to produce a valid electronic student worksheet based on HOTS to learn the linear equation system of two variables using quizizz. This research is with a 4D development model that is limited to only three stages, namely define, design, and develop. At the development stage, the validity was tested by three validators. The validity test of the developed electronic student worksheets obtained an average score of all aspects (π‘‰π‘Ž) of 3.28 with valid criteria. Therefore, a valid electronic student worksheet is produced based on HOTS to learn a linear equation system of two variables using quizizz.


Keywords


HOTS; LKPD Elektronik; Quizizz; SPLDV

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Alhassora, N. S. A., Abu, M. S., & Abdullah, A. H. (2017). Inculcating higher-order thinking skills in mathematics: Why is it so hard. Man in India, 97(13), 51–62.

Febriano, R., Sugiatno, S., & Suratman, D. (2019). Kemampuan berpikir kritis matematis dikaji dari students belief dalam materi spldv di smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(5).

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). No Title. TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 562–569.

Harjono, A., Makhrus, M., Savalas, L. R. T., & Rasmi, D. A. C. (2019). Pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran ipa untuk mendukung kesiapan guru sebagai role model keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3).

Jupri, A., & Drijvers, P. (2016). Student difficulties in mathematizing word problems in algebra. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(9), 2481–2502.

Kinanti, M. D., & SUBAGIO, M. (2020). Pengembangan lkpd bahasa inggris berbantu aplikasi quizizz kelas iv sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 539–548.

Musfiqi, S., & Jailani. (2014). Pengembangan bahan ajar matematika yang berorientasi pada karakter dan higher order thinking skill (HOTS. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 45–59.

Nisa, N. K. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis higher order thinking skill (HOTS) smp kelas vii. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.

O.E.C.D. (2018). Programme for International Student Assessment (PISA) Result From PISA 2018. Retrieved from https://www.oecd.org

Purwani, T., Arvianti, I., & Karyanti, T. (2020). The Model of Harmonization of Multiculturalism Society at Magelang Regency. … International Conference on the …. Retrieved from https://www.atlantis-press.com/proceedings/ticash-19/125940636

Rahayu, I. S. D., & Purnawarman, P. (2019). The use of Quizizz in improving students’ grammar understanding through self-assessment. In Eleventh Conference on Applied Linguistics (CONAPLIN 2018). Atlantis Press., 102–106.

Rupaidah, A., & Danaryanti, A. (2013). Pengembangan lks dengan pendekatan realistik pada materi sistem persamaan linear dua variabel. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 10–17.

Sugiharto, T. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa matematika elektronik dengan pendekatan discovery learning untuk siswa smp.

Usra, R. H., & Nofrion. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis web pada pembelajaran geografi di sman 2 padang. Jurnal Buana, 2(1), 238–249.




DOI: https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i1.3352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Β 

Creative Commons License

Journal Of Mathematics Science and Computer Education is licensed under aΒ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.