Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan dan Keberlanjutan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Sistem Pernapasan Manusia

Muhammad Rezky Firdaus, Maya Istyadji, S Sauqina

Abstract


Telah dilakukan penelitian untuk mengimplementasi model inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep dan keberlanjutan pemahaman konsep pada materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap analisis penguasaan konsep dan keberlanjutan pemahaman konsep peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia di SMP Negeri 26 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian menggunakan Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 orang dan peserta didik kelas VIII B sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling classroom dilihat dari rata-rata nilai kelas pada hasil ulangan akhir semester. Pengumpulan data sampel menggunakan tes soal pilihan ganda tes pre-test/post-test, angket atau kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis statistik desktiptif, uji N-Gain dan uji hipotesis statistik menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat mempengaruhi peningkatan penguasaan konsep dengan hasil yaitu mendapatkan rata-rata sebesar 0,6%, sedangkan penguasaan konsep menggunakan model ekspositori mendapatkan rata-rata sebesar 0,5%; (2) Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing keberlanjutan pemahaman konsep kelompok eksperimen pada data pretest dan posttest mendapatkan hasil total sebesar 4% dengan kriteria kurang sekali menjadi 76% dengan kriteria baik dari 300 total keberlanjutan pemahaman konsep, sedangkan keberlanjutan pemahaman konsep menggunakan model ekspositori kelompok kontrol pada data pretest dan posttest mendapatkan hasil total sebesar 12% dengan kriteria kurang sekali menjadi 21% dengan kategori kurang dari 300 total keberlanjutan pemahaman konsep; dan (3) Uji T mendapatkan hasil perhitungan T Hitung yaitu 3.14 > T Tabel yaitu 2.00 dengan taraf signifikan 0.05 maka Ha diterima. Berarti terdapat perbedaan penguasaan konsep dan keberlanjutan konsep siswa yang mengimplementasikan model inkuiri terbimbing dan model ekspositori.

 

Research has been carried out to implement a guided inquiry model for mastery of concepts and sustainability of conceptual understanding on the material of the human respiratory system. This study aims to determine the effect of the implementation of the guided inquiry learning model on the analysis of concept mastery and the sustainability of students' conceptual understanding on the human respiratory system material at SMP Negeri 26 Banjarmasin. This study used a quasi-experimental method with a research design using Non Equivalent Control Group Design. The sample of this research is the students of class VIII A as the experimental class totaling 30 people and students of class VIII B as the control class totaling 30 people. The sampling technique used was classroom random sampling, seen from the average class value on the results of the Final Semester Test. The sample data was collected using multiple choice test, pre-test/post-test, questionnaires, and visual documentation. The data analysis technique used descriptive statistical analysis test, N-Gain test and statistical hypothesis testing using t-test. The results showed that (1) the implementation of the guided inquiry learning model can affect the increase in mastery of concepts with the result that it gets an average of 0.6%, while the mastery of concepts using the expository model gets an average of 0.5%; (2) The implementation of the guided inquiry learning model for the sustainability of conceptual understanding of the experimental group in the pretest and posttest data obtained a total result of 4% with the criteria of being less than 76% with good criteria of 300 total sustainability of concept understanding, while the sustainability of understanding the concept used the expository model of the control group. the pretest and posttest data get a total result of 12% with the criteria being less than 21% with a category of less than 300 total sustainability of concept understanding; and (3) The T test shows that Tcalc > T tab (3.14 > 2.00), which with a significant level of 0.05 means that Ha is accepted. This study conclude that there are differences in the mastery of concepts and the sustainability of the concepts of students who implement the guided inquiry model and the expository model.

 

 


Keywords


Keberlanjutan Konsep; Model Inkuri Terbimbing; Model Eskpositori Penguasaan Konsep Abstract

Full Text:

PDF

References


Amalia, Y. F., Zainuddin, Z., & Misbah, M. (2016). Pengembangan Bahan ajar ipa fisika berorientasi keterampilan generik sains menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di smp negeri 13 banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 183–191.

Arifuddin, M., Aslamiah, M., Misbah, M., & Dewantara, D. (2020). The implementation of guided inquiry model on the subject matter harmonious vibration. Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1422, No. 1, p. 012001). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1422/1/012001

Chodijah, S., Fauzi, A., & Wulan, R. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika menggunakan model guided inquiry yang dilengkapi penilaian portofolio pada materi gerak melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1), 1–19.

Kurniawati, I. D., Wartono., & Diantoro, D. (2014). Pengaruh Pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer instruction terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(1).

McDaniel, S., & Green, L. (2012). Independent interactive inquiry-based learning modules using audio-visual instruction in statistics. Journal of Education, 6(1).

Misbah, M., Dewantara, D., Hasan, S. M., & Annur, S. (2018). The development of student worksheet by using Guided Inquiry Learning Model to train student’s scientific attitude. Unnes Science Education Journal, 7(1).

Musri’ah. (2016). Peningkatan motivasi belajar organ tubuh manusia dan hewan melalui metode example non example pada siswa kelasv sdn temu i kecamatan kanor. Dinas Pendidikan: Bojonegoro.

R. R. Hake. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for inductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 65–74.

Sudarman, I. N. (2012). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep dan kinerja ilmiah siswa smp. Tesis, (tidak diterbitkan. Denpasar: PPs Undiksha Singaraja.

Syuryadi, Y. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray untuk meningkatkan pemahaman konsep ipa siswa smp pada materi pokok zat dan wujudnya. Jurnal Ilmiah Edu Research, 3(2).

Tian, Z., Zhang, K., Zhang, T., Dai, X., & Lin, J. (2019). Application of ausubel cognitive assimilation theory in teaching/learning medical biochemistry and molecular biology. Biochemistry and Molecular Biology Education, 48(3), 202–219.

Urry, L., Cain, M. L., Wasserman, S. A., Minorsky, P. V, & Reece, J. B. (2016). Campbell biology (Eleventh). Hoboken: Pearson Higher Education.

Widiyana, D. (2015). Pengaruh model pembelajaran arias (asurance, relebance, interest, assessment, and satisfaction) terhadap peningkatan hasil belajar kkpi pada siswa kelas x smk negeri 1 pedan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Yuniastuti, E. (2013). Peningkatan keterampilan proses, motivasi, dan hasil belajar biologi dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1).




DOI: https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i1.3370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Creative Commons License

Journal Of Mathematics Science and Computer Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.