Kualitas E-LKPD (Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik) Konsep Plantae Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Jenjang SMA

Dina Amalia, Muhammad Zaini, Bunda Halang

Abstract


Abad ke-21 keterampilan berpikir kritis penting dimiliki peserta didik. Dunia pendidikan dituntut menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha peningkatan mutu pendidikan salah satunya penggunaan bahan ajar. Pembelajaran selama pandemi mendorong untuk dilakukan pengujian pendidikan jarak jauh. Bahan ajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi berupa E-LKPD berbantuan liveworksheet dapat menjadi solusi pembelajaran daring. Penelitian bertujuan mendeskripsikan kualitas LKPD elektonik pada konsep plantae berbasis keterampilan berpikir kritis jenjang SMA yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilakukan dengan metode desain Evaluasi Formatif Tessmer, melalui langkah pengembangan 1) Self evaluation, 2) Expert Review, 3) One-to-one evaluation, dan 4) Small group evaluation. Subjek uji validitas adalah tiga orang ahli, subjek uji perorangan adalah tiga orang peserta didik kelas X SMA, subjek kelompok kecil adalah empat orang peserta didik kelas X SMA. Analisis data penelitian secara deskriptif. Hasil penelitian E-LKPD menunjukkan bahwa kepraktisan harapan kategori sangat baik berdasarkan 7 aspek penilaian peserta didik dan keefektifan harapan kategori sangat baik berdasarkan 6 aspek keterampilan berpikir kritis (interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi, dan pengaturan diri).

 

In the 21st century, critical thinking skills are essential for students. The world of education is required to adopt technological developments to improve the quality of education, one of which is teaching materials. Learning during the pandemic encourages distance education testing. Teaching materials that can be used in distance learning during a pandemic in electronic students worksheets and assisted by live worksheets can be an online learning solution. This study aims to describe the quality of the electronic students' worksheets on the Plantae concept based on valid, practical, and effective high school critical thinking skills. This research was conducted using the Tessmer Formative Evaluation method through the development steps of 1) Self-evaluation, 2) Expert Review, 3) One-to-one evaluation, and 4) Small group evaluation. The validity test subjects were three experts; the individual test subjects were three high school class X students; the small group subject was four high school class X students. Descriptive analysis of research data. The results of the electronic student's worksheets research show that the practicality of expectations in the very good category is based on seven aspects of student assessment, and the effectiveness of expectations in the very good category is based on six aspects of critical thinking skills (interpretation, analysis, evaluation, inference, explanation, and self-regulation).

 


Keywords


E-LKPD; Keterampilan Berpikir Kritis; Penelitian Pengembangan; Plantae

Full Text:

PDF

References


Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. E-Journal Universitas PGRI Madiun (Persatuan Guru Republik Indonesia, 6(1).

Akbar, S., & Sriwiyana, H. (2010). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran ips. Yogyakarta: Cipta Media.

Aqsan, M., Nurhayati, B., & Karim, H. (2015). Pengembangan lembar kerja peserta didik biologi berbasis keterampilan proses sains pada kelas xi sma negeri 1 pangkep. In Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, Universitas Negeri Makassar (pp. 323–328).

Arbainsyah, A. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran topik interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa smp. Banjarmasin: Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Biologi ULM.

Atsani, K. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3905

Facione, P A. (1990). Critical thinking: A statement of expert consensus for purposes of educational assement and instruction, research findings and recommendations. California: California State University.

Facione, Peter A. (1990). Critical Thinking : A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction Executive Summary “ The Delphi Report. In The California Academic Press (Vol. 423).

Herdianawati, S., Fitrihidajati, H., & Purnomo, T. (2013). Pengembangan lembar kegiatan siswa (lks) inkuiri berbasis berpikir kritis pada materi daur biokimia kelas x. BioEdu, 2(1), 99–104.

Kistiono, K., Taufik, T., & Muslim, M. (2017). desain lembar kerja peserta didik (lkpd) ipa berbasis saintifik untuk meningkatkan pemahaman konsep di kelas vii, viii dan kelas ix smp/mts. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 1(1), 704–715.

Mardhatillah, A., Zaini, M., & Putra, A. P. (2020). Development of worksheets for biology high school student-based on critical thingking skills on the concept of biodiversity. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(1), 31–35.

Nadhiroh, E. R., & Cintamulya, I. (2018). Pengembangan lks biologi sma sub bab plantae berbasis hasil identifikasi morfologi daun di lingkungan sekolah. In Jurnal Pendidikan Biologi (pp. 74–82).

Nurhayati, S., Harun, A. I., & Lestari, I. (2014). Pengaruh video-animasi terhadap hasil belajar siswa kelas xi sman 5 pontianak pada materi kesetimbangan kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(6).

Sari, F. R. (2019). Needs analysis in the development of natural science teachers’ book of Junior High School based on local wisdom of West Sumatra. Journal of Physics: Conference Series. Retrieved from https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1185/1/012101/meta

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi pembelajaran elektronik dan tantangan guru abad ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 10–18.

Tessmer, M. (1993). Planning and conducting formative evaluations: Improving the quality of education and training. London: Kogan.

Utami, K. (2013). Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–10.

Yani, A., & Ruhimat, M. (2018). Teori dan implementasi pembelajaran saintifik kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Zaini, M. (2018). Penelitian desain pendidikan aplikasi teori ke dalam praktik. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.20527/jmscedu.v2i1.4768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Creative Commons License

Journal Of Mathematics Science and Computer Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.