Pengembangan E-LKPD Berbasis Etnomatematika Melalui Kerajinan Anyaman pada Materi Lingkaran
Abstract
Kurangnya minat siswa dalam pembelajaran matematika diakibatkan dari faktor internal ataupun eksternal seperti metode pembelajaran yang kurang bervariasi, dan materi yang digunakan kurang menarik. Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut dengan bahan ajar yang menarik dan interaktif salah satunya pengembangan LKPD dalam bentuk elektronik yang dikaitkan dengan kearifan budaya lokal Kalimantan Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan juga hasil dari pengembangan E-LKPD pada materi lingkaran berbasis etnomatematika melalui pendekatan saintifik untuk SMP/MTs yang valid. Metode Research and Development atau R&D adalah metode yang dipakai pada penelitian ini, dan dengan model 4D sampai pada tahap pengembangan saja. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini didasarkan pada uji validitas yang diperoleh melalui analisis secara kuantitatif dan kualitatif dari lembar validasi pada tahap develop yang dilakukan oleh tiga ahli. Menurut skor yang diberikan oleh ketiga ahli, didapatkan skor rata-rata 3,51, artinya E-LKPD termasuk kategori valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.
The lack of student interest in learning mathematics is caused by internal or external factors such as learning methods that are less varied and the material used could be more attractive. One way that can be done to overcome this is with interesting and interactive teaching materials, one of which is the development of the student worksheet in electronic form that is linked to the local cultural wisdom of South Kalimantan. This study aims to determine the process and results of developing an E-student worksheet on ethnomathematical-based circle material through a valid scientific approach for SMP/MTs. The Research and Development or R&D method is used in this research, and the 4D model only reaches the development stage. The data analysis technique used in this study was based on the validity test obtained through quantitative and qualitative analysis of the validation sheet at the development stage carried out by three experts. According to the scores given by the three experts, an average score of 3.51 was obtained, meaning that the E-LKPD was included in the valid category and could be used in learning mathematics.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abi, A. M. (2017). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1-6.
D’Ambrosio, U. (2016). An overview of the history of ethnomathematics. Current and future perspectives of ethnomathematics as a program, 5-10.
Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114-119.
Farman, F., Hali, F., & Rawal, M. (2021). Development of e-lkpd using live worksheets for online mathematics learning during covid-19. JME (Journal of Mathematics Education), 6(1), 36-42.
Haifa, M., Fajriah, N. & Suryaningsih, Y. (2021). Pengembangan modul materi sistem persamaan linear dua variabel konteks budaya banjar. JPMR 6 (3). 11-21.
Hardiati, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi bangun datar segiempat pada c andi muaro jambi. Aksioma, 8(2).
Hendriani, M., & Gusteti, M. U. (2021). Validitas LKPD elektronik berbasis masalah terintegrasi nilai karakter percaya diri untuk keterampilan pemecahan masalah matematika SD di era digital. Jurnal Basicedu, 5(4), 2430-2439.
Hobri. H. (2009.) Metodologi penelitian dan pengembangan (Developmental research) (Aplikasi pada penelitian pendidikan matematika). Jember: FKIP Universitas Jember.
Istiqomah, N., Arigiyati, T. A., Wijayanti, A., & Widodo, S. A. (2021). Validitas E–LKPD matematika berbasis tri n pada pokok bahasan bentuk aljabar. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan,
(2), 113-120.
Kristiani, J., Fadilllah, S., & Hodiyanto, H. (2021). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis etnomatematika pada kitab hukum adat dayak mayan. DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(01), 1-6.
Manalu, A. C. S., Manalu, S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa smp kelas ix dalam menyelesaikan soal materi lingkaran. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 104-112.
Nida, Fajriah, N. & Kamaliyah (2021). Pengembangan masalah matematis bernuansa etnomatematika pada materi lingkaran untuk siswa kelas viii. Jurmadikta, 1(3), 56-62.
Paskoni, P., Nasution, E. Y. P., & Putri, R. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran di mts swasta lhulo. Nabla Dewantara, 4(2), 30-38.
Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika pada materi segitiga dan segiempat. Jurnal cendekia: jurnal pendidikan matematika, 4(2), 645-656..
Saraswati, L. (2020). Analisis kesulitan belajar matematika pada materi lingkaran bagi siswa kelas vi di mi ma'arif polorejo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo)
Sari, Y. P. (2019). Pengembangan E-LKPD dengan 3d pageflip professional berbasis literasi sains pada materi gelombang bunyi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Subakti, D.P., Jefri Marzal & Effendi, H. M. (2021). Pengembangan E-LKPD berkarakteristik budaya jambi menggunakan model discovery learning berbasis stem untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1249-1264.
Warmi, A. (2019). pemahaman konsep matematis siswa kelas viii pada materi lingkaran. Musharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2).
Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis kesulitan belajar matematika siswa kelas v sekolah dasar kota balikpapan pada materi satuan waktu tahun ajaran 2015/2016.
Wijayanto, Z. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis etnomatemtika pada keraton yogyakarta. Sosiohumaniora, 3(1).
Witha, T. S., Karjiyati, V., & Tarmizi, P. (2020). Pengaruh model rme berbasis etnomatematika terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas iv sd gugus 17 kota bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 136-143.
DOI: https://doi.org/10.20527/jmscedu.v2i2.5064
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Of Mathematics Science and Computer Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.