Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Self-efficacy pada Materi Segiempat dan Segitiga di Desa Sirnajaya
Abstract
Keterampilan komunikasi dan efikasi diri merupakan dua hal penting dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan keterampilan komunikasi matematis berdasarkan efikasi diri pada segitiga dan segiempat. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP di Kampung Sukatani, Desa Sirnajaya, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Data dalam penelitian diperoleh dari tes, angket, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri siswa kelas VIII terbagi menjadi tiga yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Siswa dengan kategori efikasi diri tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis yang tinggi. Siswa dengan kategori efikasi diri memiliki kemampuan komunikasi matematis yang tergolong sedang. Siswa dengan kategori efikasi diri rendah memiliki kemampuan komunikasi matematis yang relatif rendah.
Communication skills and self-efficacy are two important things in mathematics learning. This study aims to analyze and describe mathematical communication skills based on self-efficacy in the triangle and quadrilateral. This is qualitative with a descriptive approach. The subject of this study eight-grade students of junior high school in Kampung Sukatani, Desa Sirnajaya, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. The data in the study was obtained from tests, questionnaires, interviews, and field records. Data analysis techniques use data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that the self-efficacy of grade VIII students was divided into three, namely high, medium, and low. Students with high self-efficacy categories have high mathematical communication skills. Students with the category of self-efficacy have mathematical communication skills that are classified as moderate, with low self-efficacy categories have relatively low mathematical communication skills.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afiani, N. (2017). Pengaruh kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 1. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1844
Afriansyah, E. A. (2021). Realistic mathematics education berbasis emergent modeling untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis serta curiosity mahasiswa calon guru (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Afriansyah, E. A., & Arwadi, F. (2021). Learning trajectory of quadrilateral applying realistic mathematics education: origami-based tasks. Mathematics Teaching Research Journal, 3(4), 42-78.
Aliah, S. N., & Bernard, M. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah berbentuk cerita pada materi segitiga dan segiempat. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 111–118.
Andriyani, R. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) kemampuan komunikasi matematis pada materi segiempat dan segitiga untuk siswa smp kelas vii. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 2(2).
Asmara, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara model eliciting activities dan discovery learning. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 77–87. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i2.5714
Bandura, A. (1982). Self-efficacy mechanism in human agency. American Psychologist, 37(2), 122–147.
Bandura, A. (1993). Perceived self-efficacy in cognitive development and functioning. Educational Psychologist, 28(2), 117–148.
Bandura, A. (1997). Self-efficacy - The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman and Company.
Juhrani, Suyitno, H., & Khumaedi. (2017). Analisis kemampuan komunikasi matematis berdasarkan self-efficacy siswa pada model pembelajaran mea. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 251–258.
Maulani, L., & Sundayana, R. (2017). Perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Student Teams Achievement Division. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6, 217–228.
Nadia, L. N., Waluyo, S. B., & Isnarto. (2017). Analisis kemampuan representasi matematis ditinjau dari self efficacy peserta didik melalui inductive discovery learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 242–250.
Nuraeni, K., & Afriansyah, E. A. (2021). Perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan self confidence siswa antara tps dan stad. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 33-40.
Ormrod, J. E. (2008) Psikologi Pendidikan Jilid II. Jakarta: Penerbit. Erlangga.
Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada topik penyajian data di pondok pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207-222.
Sa'diah, H., Karim, K., & Suryaningsih, Y. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis kearifan lokal untuk pembelajaran matematika smp. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 1(2), 54-63.
Sari, N. Y., Zulkarnain, I., & Kusumawati, E. (2018). Self-efficacy siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita. 33(April).
Sriwahyuni, T., Amelia, R., & Maya, R. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada materi segiempat dan segitiga. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1), 18–23.
Sugiyono. (2015). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148.
Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada materi segitiga dan segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36
DOI: https://doi.org/10.20527/jmscedu.v2i1.5127
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Of Mathematics Science and Computer Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.