Pengembangan Modul Elektronik Impuls dan Momentum Linear Bermuatan Ayat-Ayat Al-Qur’an untuk Melatihkan Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik bermuatan ayat-ayat Al-Qur’an yang valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam melatihkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dan diujicobakan pada 30 peserta didik kelas X MIPA 1 MAN 1 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi modul elektronik, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Validasi modul Elektronik memperoleh kategori baik dengan skor 3,19. (2) Kepraktisan modul elektronik memperoleh kategori baik dengan skor sebesar 3,16, (3) Keefektifan modul memperoleh kategori sedang dengan nilai N-gain keterampilan pemecahan masalah sebesar 0,56. Diperoleh simpulan bahwa modul elektronik impuls dan momentum linear bermuatan ayat-ayat Al-Qur’an yang dikembangkan mampu untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
This study aims to produce an electronic module containing valid, practical and effective Quranic verses to be suitable for training students' problem-solving skills. This research is included in research and development using the ADDIE model and tested on 30 class X MIPA 1 MAN 1 Banjarmasin students. Data collection techniques used electronic module validation instruments, student responses, and student learning outcomes tests. The data analysis technique was carried out in a quantitative descriptive manner. The results showed that: (1) Electronic module validation obtained a good category with a score of 3.19. (2) The practicality of the electronic module is in the good category with a score of 3.16, (3) the module's effectiveness is in the moderate category with a problem-solving ability N-gain score of 0.56. It was concluded that the impulse and linear momentum electronic module containing the verses of the Qur'an, which was developed, was able to practice problem-solving skills and was suitable for use in learning activities.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahliha, S., Mastuang, M., & Mahardika, A. I. (2017). Meningkatkan hasil belajar siswa kelas viii e smp negeri 26 banjarmasin dengan menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving) dalam setting pengajaran langsung. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 118. https://doi.org/10.20527/bipf.v5i1.2894
Alfianika, N. (2018). Metode penelitian pengajaran bahasa indonesia. Deepublish Publisher.
Alperi, M. (2020). Peran bahan ajar digital sigil dalam mempersiapkan kemandirian belajar peserta didik. Jurnal Teknodik, 99–110. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.479
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Atqiya, N., Jamal, M. A., & Mahardika, A. I. (2016). Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengaplikasikan rumus fisika dengan menggunakan metode problem solving dalam sintaks pengajaran langsung pada siswa kelas viib smp muhammadiyah 1 banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 237.
https://doi.org/10.20527/bipf.v4i3.1003
Baharuddin, H., & Wahyuni, E. N. (2015). Teori belajar & pembelajaran. Ar-Ruzz Media.
Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward Unifying Theory of Behavioral Change. Psychological Review, 84(2), 191–215.
Habibi, M., Zainuddin, Z., & Misbah, M. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa fisika berorientasi kemampuan pemecahan masalah menggunakan model pengajaran langsung pada pokok bahasan tekanan di smp negeri 11 banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 1-17.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809
Irman, S., & Waskito, W. (2020). Validasi modul berbasis project based learning pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 260–269.
Izzati, A. U., Arifuddin, M., Suyidno, S., & Misbah, M. (2020). Pengembangan perangkat pengajaran langsung untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik sma. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 190–199. https://doi.org/10.36706/jipf.v7i2.11160
Kalsum, U., Hartini, S., & Miriam, S. (2018). Hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa kelas ix smp negeri 24 banjarmasin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 122. https://doi.org/10.20527/jipf.v2i2.1008
Marlina, M., Mastuang, M., & Dewantara, D. (2021a). Kepraktisan bahan ajar dinamika partikel bermuatan ayat-ayat Al- Qur’an menggunakan model pengajaran langsung. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 3, 88–92.
Marlina, M., Mastuang, M., & Dewantara, D. (2021b). Validity of learning material about particle dynamics contained quranic verses using direct instruction model. Proceeding International Conference on …, 4(February), 371–378.
Mastuang, M., Misbah, M., Yahya, A., & Mahtari, S. (2019). Developing the physics module containing quranic verses to train the local wisdom character. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1).
Miriam, S., Salam, A., Dewantara, D., & Azhary, Y. (2022). Electronic teaching materials containing quranic verses: its development and scientific writing. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1).
Misbah, M., Khairunnisa, Y., Amrita, P. D., Dewantara, D., Mahtari, S., Syahidi, K., ... & Deta, U. A. (2021). The effectiveness of introduction to nuclear physics e-module as a teaching material during covid-19 pandemic. In Journal of Physics: Conference Series, 1760(1), 012052. IOP Publishing.
Mustofa, M. H., & Rusdiana, D. (2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran gerak lurus. Jurnal Pennelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 15–22. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpppf/article/view/48.
Purwaningrum, S. (2015). Elaborasi ayat-ayat sains dalam al-quran: langkah menuju integrasi agama dan sains dalam pendidikan. Inovatif: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan, 1(1), 124–141.
Ratnawulan, E. ; R. (2014). Evaluasi pembelajaran. Pustaka Setia.
Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan modul elektronik (e-module) biokimia pada materi metabolisme lipid menggunakan flip pdf professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672
Srinadi, N. L. P. (2015). Analisis pengaruh penggunaan aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Konferensi Nasional Sistem Dan Informasi, 891–895.
Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan bahan ajar elektronik menggunakan flip pdf professional pada materi alat-alat optik di sma. In Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152. UNIB Press.
https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152
Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian dan pengembangan. Alfabeta.
Utama, N., & Zulyusri; (2022). Meta-analisis praktikalitas penggunaan e-modul oleh guru dan peserta didik dalam pembelajaran. JPB: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 9, 27–33.
Widoyoko, E. P. (2016a). Evaluasi pembelajaran: kompetensi dan praktik. Pustaka Pelajar.
Widoyoko, E. P. (2016b). Evaluasi pembelajaran: kompetensi dan praktik (VIII). Pustaka Pelajar.
Zainuddin, Z., Astuti, R. D., Misbah, M., Wati, M., & Dewantara, D. (2020). Pengembangan modul pembelajaran generatif materi fluida statis terintegrasi ayat-ayat Al-Qur'an. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 9(1), 1-12.
DOI: https://doi.org/10.20527/jmscedu.v2i2.6239
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Of Mathematics Science and Computer Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.