PERBEDAAN PENERAPAN NILAI DISIPLIN DITINJAU DARI KONTROL DIRI DAN JENIS KELAMIN MAHASISWA ANGKATAN 2019 DI JURUSAN ILMU PENDIDIKAN ULM BANJARMASIN
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan penerapan nilai disiplin ditinjau dari kontrol diri dan jenis kelamin mahasiswa angkatan 2019 jurusan ilmu pendidikan ULM Banjarmasin. Pelajaran ini memakai strategi kuantitattif menggunakan metode penelitian Komperatif/perbedaan. Perangkat pengumpul data memakai daftar pertanyaan dengan pengukuran skala Likert dan teknik penarikan sampelnya menggunakan Teknik Proportional Random sampling, sebanyak 240 orang Mahasiswa Angkatan 2019 Jurusan Ilmu Pendidikan ULM Banjarmasin. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, T-test, dan analisis regresi berganda. Hasil analisis data menggunakan analisis regresi berganda dinyatakan ada perbedaan yang signifikan antara penerapan nilai disiplin ditinjau dari kontrol diri dan jenis kelamin mahasiswa angkatan 2019 jurusan ilmu pendidikan ULM Banjarmasin.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, Taufik. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problema Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di
Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana.
Ghufron, Nur & Rini Risnawati. 2011. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Hidayatullah, Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa, Surakarta: Yuma Pressindo.
https://amp.kompas.com/regional/read/2021/02/13/16102771/polisi-
tangkap-4-ma hasiswa-pelaku-aborsi-di-padang. Diakses pada tanggal 21 Februari 2021.
https://m.liputan6.com/news/read/4389752/mahasiswa-nekat-jual-
ganja-untuk-biaya-kuliah. Diakses pada tanggal 21 Februari 2021.
Sari, N P & Muhammad Andri Setiawan. 2020. Bimbingan dan
Konseling Perspektif Indigenous: Etnik Banjar. Yogyakarta: Deepublish.
Sari, Nina Permata., Sulistyana, & M. Arli R. 2022. Modul Teknik Self-
Instruction untuk Penerapan Nilai Waja Sampai Kaputing (Wasaka).
Buletin of Counseling andPsychotherapy. Dari https://journal.kurasinstitute.com.
Sarbaini dkk. 2012. Pedoman Pendidikan Karakter Wasaka. Banjarmasin: UPT Mku.
Syah, Muhibbin. 2016. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT
Remaja Rosakarya.
Wade dan Tavris. 2007. Psikologi Edisi Kesembilan Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Zubedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2022.5.1.10802
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia