EFFECTIVENESS OF RELAXATION TECHNIQUES IN REDUCE ACADEMIC BURNOUT IN GUIDANCE AND COUNSELING STUDENTS CLASS OF 2021 LAMBUNG MANGKURAT UNIVERSITY
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alam, Roslina. (2022). Kelelahan Kerja (Burnout). Yogyakarta: Penerbit Kampus.
Alvaerina, P.A.T., & Ambarwati K.D. (2019). Hubungan Self-Efficacy dengan Burnout pada Perawat Psikiatri di Rumah Sakit Jiwa. Jurnal Psikologi Mandala, 3(2), 29-39.
Christiana, Elisabeth. (2020). Burnout Akademik Selama Pandemi Covid-19. Diakses dari http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/74/77
Eka, Zuni. K. & Christiana, E. (2014). Penerapan Kombinasi antara Teknik Relaksasi dan Self-Intruction untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 22 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 05(01), 1-10.
Faiz, A. & Soleh, B. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68-77. Diakses dari DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250
Istiqomah, N & Hamdani. (2021). Survei Tingkat Kejenuhan Akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 9(3), 229-234. Diakses dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Latuconsina, M. D. (2020). Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Relaksasi untuk Menurunkan Kejenuhan Belajar pada Siswa JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(2), 72-82. Diakses dari
https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i2.533
Nurihsan, Achmad Juntika. (2011). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: PT. Aditama.
Nursalim, M. (2013). Strategi dan Intervensi Konseling. Jakarta: Indeks.
Psikologi, UGM. (2021). Laporan Hasil Riset Mandiri “Tingkat Academic Burnouut Mahasiswa Klaster Sosio Humaniora UGM: Meningkatkan Kesadaran akan Urgensi Fenomena Academic burnout”. Diakses dari https://lm.psikologi.ugm.ac.id/2021/12/laporan-hasil-riset-mandiri-tingkat-academic-burnout-mahasiswa-klaster-sosio-humaniora-ugm-meningkatkan-kesadaran-akan-urgensi-fenomena-academic-burnout/
Putri Daniswari, H., & Lathifah Nuryanto, I. (2022). The Effectiveness of Stress Coping Techniques to Reduce Academic Burnout in Guidance and Counseling Students in Yogyakarta During the COVID-19 Pandemic. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v7i14.12040
Putri, T. H., Masitoh, Z., & Khalid, F. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Academic Burnout pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 11(2), 379-386.
Ramadhan, dkk. (2022). Tingkat Burnout Akademik pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Padang. Journal of Elementary Education, Vol. 6 (2), 255-264. Diakses dari https://www.jurnalfai-
uikabogor.org/index.php/attadib/article/download/1258/753
Rukmala, dkk. (2022). Penerapan Teknik Relaksasi untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar (Learning Burnout) Siswa di SMA Negeri 10 Bulukumba. Journal of Education. Diakses dari http://eprints.unm.ac.id/25307/
Veliska, A. (2023). Urgensi Sabar Dalam Mengatasi Stres Akademik pada Santri Kelas Akhir (Studi Kasus di Pondok Pesantren Terpadu Ushuluddin Lampung Selatan) (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2022.5.1.10805
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia