EFFECTIVENESS OF RELAXATION TECHNIQUES IN REDUCE ACADEMIC BURNOUT IN GUIDANCE AND COUNSELING STUDENTS CLASS OF 2021 LAMBUNG MANGKURAT UNIVERSITY

Erfina Nur Ariani, Nina Permata Sari, Hendro Yulius Suryo Putro

Abstract


Burnout akademik yang tinggi akan berdampak bagi pengelolaan tugas akademik maupun pengelolaan diri pada individu, dan ditemukan beberapa mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling angkatan 2021 Universitas Lambung Mangkurat memiliki tingkat burnout akademik yang tinggi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis keefektifan teknik relaksasi dalam mengurangi burnout akademik pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2021 Universitas Lambung Mangkurat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 31 orang dan Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penggunaan angket burnout akademik dengan jumlah 8 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setelah menguji data yang diperoleh dengan menggunakan rumus uji Mann-Whitney Test dengan nilai signifikasi untuk uji dua sisi adalah 0,046 atau probilitas diatas 0,05 (0,046 > 0,05) maka ho ditolak. Jadi kesimpulan pada penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menyatakan bahwa teknik relaksasi efektif dalam mengurangi burnout akademik pada mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling angkatan 2021 Universitas Lambung Mangkurat.

Keywords


Teknik Relaksasi; Burnout Akademik.

Full Text:

PDF

References


Alam, Roslina. (2022). Kelelahan Kerja (Burnout). Yogyakarta: Penerbit Kampus.

Alvaerina, P.A.T., & Ambarwati K.D. (2019). Hubungan Self-Efficacy dengan Burnout pada Perawat Psikiatri di Rumah Sakit Jiwa. Jurnal Psikologi Mandala, 3(2), 29-39.

Christiana, Elisabeth. (2020). Burnout Akademik Selama Pandemi Covid-19. Diakses dari http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/74/77

Eka, Zuni. K. & Christiana, E. (2014). Penerapan Kombinasi antara Teknik Relaksasi dan Self-Intruction untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 22 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 05(01), 1-10.

Faiz, A. & Soleh, B. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68-77. Diakses dari DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250

Istiqomah, N & Hamdani. (2021). Survei Tingkat Kejenuhan Akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 9(3), 229-234. Diakses dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Latuconsina, M. D. (2020). Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Relaksasi untuk Menurunkan Kejenuhan Belajar pada Siswa JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(2), 72-82. Diakses dari

https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i2.533

Nurihsan, Achmad Juntika. (2011). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: PT. Aditama.

Nursalim, M. (2013). Strategi dan Intervensi Konseling. Jakarta: Indeks.

Psikologi, UGM. (2021). Laporan Hasil Riset Mandiri “Tingkat Academic Burnouut Mahasiswa Klaster Sosio Humaniora UGM: Meningkatkan Kesadaran akan Urgensi Fenomena Academic burnout”. Diakses dari https://lm.psikologi.ugm.ac.id/2021/12/laporan-hasil-riset-mandiri-tingkat-academic-burnout-mahasiswa-klaster-sosio-humaniora-ugm-meningkatkan-kesadaran-akan-urgensi-fenomena-academic-burnout/

Putri Daniswari, H., & Lathifah Nuryanto, I. (2022). The Effectiveness of Stress Coping Techniques to Reduce Academic Burnout in Guidance and Counseling Students in Yogyakarta During the COVID-19 Pandemic. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v7i14.12040

Putri, T. H., Masitoh, Z., & Khalid, F. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Academic Burnout pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 11(2), 379-386.

Ramadhan, dkk. (2022). Tingkat Burnout Akademik pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Padang. Journal of Elementary Education, Vol. 6 (2), 255-264. Diakses dari https://www.jurnalfai-

uikabogor.org/index.php/attadib/article/download/1258/753

Rukmala, dkk. (2022). Penerapan Teknik Relaksasi untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar (Learning Burnout) Siswa di SMA Negeri 10 Bulukumba. Journal of Education. Diakses dari http://eprints.unm.ac.id/25307/

Veliska, A. (2023). Urgensi Sabar Dalam Mengatasi Stres Akademik pada Santri Kelas Akhir (Studi Kasus di Pondok Pesantren Terpadu Ushuluddin Lampung Selatan) (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2022.5.1.10805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats