THE EFFICACY OF THE “MIRACLE QUESTION” AND “EXCEPTION QUESTION” TECHNIQUES IN REDUCING ACADEMIC BURNOUT
Abstract
Burnout akademik adalah sebuah gejala dimana seseorang mahasiswa yang memiliki tingkat stress dalam bidang akademik yang sangat tinggi, hingga bisa memicu gejala-gejala lain yang akan berpengaruh pada kehidupan si individu. Penyebab yang sering terjadi ialah dikarenakan banyak dan sulitnya tingkat beban tugas kuliah yang diberikan hingga sulitnya memanajemen kegiatan yang ada. Maka dari itu peneliti melakukan eksperimen untuk mereduksi burnout akademik ini dengan Teknik dari Pendekatan SFBC yaitu miracle question dan exception question. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemanjuran pendekatan solution-focused brief counseling (SFBC) dalam mereduksi burnout akademik pada mahasiswa/i BK angkatan 2021 FKIP ULM Banjarmasin.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan design eksperimen berupa quasi experimental. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP ULM Banjarmasin, dengan jumlah populasi 31 mahasiswa/i BK Angkatan 2021 FKIP ULM Banjarmasin dan sampel dikumpulkan menggunakan angket/kuesioner dengan teknik purposive sampling dengan total 6 (enam) orang.
Hasil penelitian diuji dengan hipotesis untuk mengetahui apakah hipotesis alternatif diterima atau ditolak. Perhitungan manual dengan menggunakan rumus uji t-test menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Kesimpulan yang dihasilkan adalah, H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya konseling kelompok menggunakan pendekatan solution- focused brief counseling (SFBC) dengan menggunakan teknik miracle question dan exception question manjur untuk mereduksi gejala Burnout Akademik pada mahasiswa/i BK Angkatan 2021 FKIP ULM Banjarmasin, ditandai dengan menurunnya gejala Burnout Akademik secara signifikan pada kelompok eksperimen sesudah diberikan perlakuan yaitu dari rata-rata Burnout akademik 65.73% menjadi 38.44%.
Saran untuk guru BK yang akan melakukan konseling ini yaitu agar pelaksanaan konseling berjalan sesuai prosedur buku panduan hendaknya peneliti selanjutnya memiliki landasan pengetahuan yang kuat dan matang mengenai Burnout Akademik dan Teknik-teknik dalam Pendekatan Solution-Focused Brief Counseling (SFBC) juga mengenai konseling kelompok.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriyani., Supriyanto, A., & Antara, U. (2021). Meningkatkan Disiplin Siswa Kelas Vii Melalui Konseloing Kelompok Dengan Pendekatan SFBC. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, 974-985.
Ali, Andi, dan Fitri. (2021). Manajemen Burnout: Konsep dan Implementasi. Makassar: UPT Unhas Press
Arofah, L., Nawantara, R., & Puspitasari, A. (2018). Pengembangan Panduan Solution Focused Brief Counseling (Sfbc) Untuk Guru Bk Sekolah Menengan Pertama Negeri (Smpn) 1 Kota Kediri. Bikotek, 78-114.
Corey G (2016) Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy(9thed). 1st edn. Edited by Corey. Belmont: Brooks/Cole.Corey, G. 2013. Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.
Fenti Hikmawati, M. (2021). Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Gladding, Samuel T. 2009. Counseling: A Comprehensive Profession. New Jersey: Pearson Education International.
Gold Y and Roth R A (1993) Teachers Managing Stress and Preventing Burnout: The Professional Health Solution. 1st edn. Edited by Gold. London: The Flamer Press.
Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Ria Rahmatul Istiqomah, Roushandy Asri Fardani, Dhika Juliana Sukmana, Nur Hikmatul Auliya. 2021. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group.
Hikmawati, Fenti. 2017. Metodologi Penelitian. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Indonesia K R (2011) ‘Burnout pada perawat yang bertugas di ruang rawat inap dan rawat jalan RSAB harapan kita’, Jurnal Psikologi, 2, p. 48.
Jacobs, S.R. and Dodd, D. (2003) ‘Student Burnout as a Function of Personality, Social Support, and Workload’, Journal of College Student Development, 44(3), pp. 291–303. Available at: https://doi.org/10.1353/csd.2003.0028.
Khusumawati, Z.E., & Christiana, E. (2014). Penerapan Kombinasi antara Teknik Relaksasi dan Self-Intruction untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 22 Surabaya. Jurnal BK UNESA. 05 (01), 1-10.
Latif Suciani, dkk. 2019. Solution Focused Brief Counseling. CV.Iqra’lana. Tangerang Selatan.
Leiter MP and Maslach C (2004) Areas of Worklife: A Structured Approach to Organizational Predictors of Job Burnout. 1st edn. Edited by 1. United Kingdom: Emerald Group Publishing Limited.
Leiter, M.P. and Maslach, C. (2016) ‘A Mediation Model of Job Burnout’, in Research Companion to Organizational Health Psychology. Edward Elgar Publishing. Available at: https://doi.org/10.4337/9781845423308.00046.
Lubis, Namora Lumongga, Hasnida. 2016. Konseling Kelompok. Jakarta: Kencana.
Maharani, DM. 2019, Hubungan Antara Self-Esteem dengan Academic Burnout pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Makaria, E C. Rachman, A. Jamain, R R. (2019). Korelasi Kepercayaan Diri dan Efikasi Diri Akademik Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Angkatan 2018. Jurnal Konseling Indonesia. 5(1), 2019, 1– 5. Available at: http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI
Maslach C and Leiter (1997) The truth about burnout. 1st edn. Edited by 1. San Francisco: Jossey Bas.
Mckergow M and Korman H (2009) ‘Inbetween-Neither Inside Nor Outside: The Radical Simplicity of Solution-Focused Brief Therapy’, Journal of Systematic Therapies, 28, pp. 34–49.
Mulawarman, 2021. SFBC (Solution-Focused Brief Counseling): Konseling Singkat Berfokus Solusi: Konsep, Riset, dan Prosedur. Jakarta: Kencana
Nakayama M and Yamamoto H (2007) ‘The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students’, Elektronic Journal ELearning, 5.
Namora Lumongga Lubis. (2009). Depresi Tinjauan Psikologis. Jakarta: Kencana Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2), 143-150.
Nugroho A, Puspita D and Mulawarman (2018) ‘Penerapan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) untuk Meningkatkan Konsep Diri Akademik Siswa’, Bikotek, 1, pp. 73–114
Permatasari, N. Setiawan, M A. Zaini, M. 2019. Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Bagi Konseli/Siswa SMK (Petunjuk Guru BK/Konselor Di Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan). Yogyakarta. Cv Budi Utama. https://books.google.co.id/books/about/Layanan_Konseling_Kelompok_Untuk_Meningk.html?id=wnrEDwAAQBAJ&printsec=frontcover&source=kp_read_button&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&gboemv=1&ovdme=1&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false [diakses pada, Jumat 13 Oktober 2023]
Permatasari, N. & Jamain, R R. (2019). Pengaruh Kecerdasan dan Minat Pribadi Sosial terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 4(2), 2019, 75–80. Available at: https://doi.org/10.17977/um001v4i22019p075
Portnoy (2011) Burnout and Compassion Fatigue Watch for the Signs. 1st edn. Edited by 1. USA: The Catholic Health Association of the United States.
Rusandi, Arli M, Ali Rachman. 2014. Efektifitas Konseling Singkat Berfokus Solusi (Solution Focused Brief Therapy) untuk Meningkatkan Self Esteem Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Fkip Unlam Banjarmasin. Al’Ulum. 62(4). 22-28. https://www.researchgate.net/publication/323301784_Efektifitas_Konseling_Singkat_Berfokus_Solusi_Solution_Focused_Brief_Therapy_Untuk_Meningkatkan_Self_Esteem_Mahasiswa_Program_Studi_Bimbingan_Konseling_FKIP_Unlam_Banjarmasin. [diakses pada, Minggu 19 Desember 2021]
Salmela-Aro, K. et al. (2010). School-Burnout Inventory (SBI) Realibility and Validity. European Journal of Psychological Assesment. 25(1), 48-57.
Sarafino E and Smith T (2011) Health Psychology: Biopsychosocial Interactions (7th ed.). 7th edn. Edited by Smith. USA: John Wiley & Sons, Inc Sarbaini. & Fahlevi R. (2018). Pendidikan Pancasila, Pendekatan Berbasis Nilai-Nilai. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Sarwono, S.W. (2021). Psikologi Remaja. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Setiawan, & Ahmad, K.I. (2021). Pengantar Bimbingan dan Konseling Pendekatan Qur'ani: dalam Berbagai Kekhasan Setting Kehidupan. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sugianto, Akhmad. 2017. “Pendekatan Dalam Bimbingan dan Koseling Suatu Kompilasi Pendekatan dalam Bimbingan dan Konseling”. Malang: Cv Irdh.
Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, M. M. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi Dan Praktiknua. Jakarta: Bumi Aksara.
Sumadi Suryabrata, B. (2021). Psikologi Kepribadian. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Susilowati, S. 2021, Efektivitas Solution Focused Brief Counseling (SFBC) Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Kegiatan Pembelajaran Daring Peserta Didik SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan. Lampung.
Swadevi, NKA. 2020, Pengembangan Panduan Model Solution Focused Brief Counseling (SFBC) Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa SMK. Tesis. Program Studi Bimbingan Konseling. Universitas Pendidikan Ganesha. Denpasar.
Taufik, T., & Ifdil, I. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota
Tim Penyusun. 2018. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat (Edisi Revisi). Banjarmasin: tidak diterbitkan.
Tim Penyusun Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Akhir (SMA). Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.
Tohirin, M. (2015). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Widayanti. 2020, Efektivitas Konseling Kelompok SFBC Dengan Teknik Exception Question dan Miracle Question Untuk Meningkatkan Self Control pada Siswa Pelaku Tawuran di SMK Nasional Cirebon. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Yang H (2004) ‘Faktors affecting student burnout and academic achievement in multiple enrolment programs in Taiwan’s technical-vocational colleges’, International Journal of Educational Development, 24, pp. 283–301.
Zuhra, FF. 2021, Hubungan Burn-out Akademik dengan Prestasi Belajar Siswa di SMPN 1 Lembah Seulawah. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Banda Aceh.
Zulfan Saam, M. (2017). Psikologi Konseling. Jakarta: Pt Rajagrafindo.
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2022.5.2.10868
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia