EFFECTIVENESS OF THE TRADITIONAL CONGKLAK GAME THROUGH GROUP GUIDANCE TO INCREASE THE COOPERATION OF CLASS VIII STUDENTS AT SMPN 31 BANJARMASIN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, Muhammad. Asrori, Muhammad. 2014. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Anomsari, Priskila. 2013. Upaya Meningkatkan Nilai Kemandirian Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pada Siswa Kelas VII A SMPN 3 Kemang, Skripsi, Semarang : Universitas Negeri Semarang. Skripsi tidak diterbitkan.
Hartinah, Siti. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung : PT Refika Aditama.
Kurniati, Euis. 2016. Permainan Tradisional & Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta : Prenadamedia Group.
Lacksana, Indra. 2017. Kearifan Lokal Permainan Congklak Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Konseling Disekolah, (Online), Jurnal Satya Widya, Volume 33, Nomor 2.
Marten. 2017. Peningkatan Kerjasama Dan Presentasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Karitas Tahun Pelajaran 2016/2017 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD), Skripsi, Yogyakarta : Universitas Sanatha Dharma.
Nataliya, Prima. 2015. Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisonal Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar, (Online), Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, Volume 03, Nomor 2.
Nur, Haerani. 2013. Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional, (Online), Jurnal Pendidikan Karakter, Volume 3, Nomor 1.
Pratiwi, Hardiyanti. Hasanah, Izatil Nor. 2016. Permainan Tradisional Banjar Untuk Perkembangan Anak. Banjarmasin : Iain Antasari Press.
Pratiwi, Isnaeni.
Wibowo, Ari. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Congklak Lumbung Cerdas Untuk Meningkatkan Kerjasama Belajar Siswa
Pada Mata Pelajaran PKN Kelas IV Sekolah Dasar, (Online),Universitas
PGRI Yogyakarta.
Rekysika, Nola Sanda. 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Melalui Kegiatan Kerja Kelompok Dikelompok A TK Negeri Trukan Siwates Kaligintung Temon Kulon Progo, Skripsi, Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Syahrul, Muhammad. 2015. Pengaruh layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Penyesuain Diri Siswa, (Online), Jurnal Of EST, Volume 1,Nomor 1
(file:///C:/Users/ASUS/Documents/data%20nisa/PROPOSAL%20PTK%20!!!/Jurnal%20New/jurnal%20bim%20kel%20hal%2048.pdf diakses 3 November 2018).
Tim Penyusun Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. 2018. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Edisi Revisi. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2022.5.3.10877
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia