EFFECTIVENESS OF THE TRADITIONAL CONGKLAK GAME THROUGH GROUP GUIDANCE TO INCREASE THE COOPERATION OF CLASS VIII STUDENTS AT SMPN 31 BANJARMASIN

Dewi Fatimah, Nina Permata Sari

Abstract


Penelitian ini ditujukan guna memahami efektivitas permainan tradisional congklak dalam meningkatkan kerjasama pada peserta didik dilihat dari sebelum dan setelah dilakukan permainan tradisional congklak dengan layangan bimbingan kelompok pada kelas VIII di SMP Negeri 31 Banjarmasin. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan metode eksperimen berbentuk Intac Grup Comparison. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 31 Banjarmasin dengan perolehan sampel melalui angket serta kriteria inklusi dengan menerapkan teknik purposive sampling yang berjumlah 12 orang. Hasil t-test memerlihatkan bahwasanya thit > ttab (20,48 > 2,228 dengan probabilitas kesalahan 0.05 atau 5%) yang berarti bahwa ada perbedaan kerjasama akademik sebelum dan setelah diberikan permainan tradisional congklak melalui layanan bimbingan kelompok. Berdasarkan hasil pre-test-post-test penelitian tersebut sebelum diberikan perlakukan 41,12% kategori rendah, kemudian setelah diberikan perlakuan meningkat 53,40% kategori sedang, Dengan nilai N-gain score minimal 53,49% dan maksimal 94,12%. Sementara untuk rata-rata kelompok control (tanpa permainan tradisional congklak) adalah sebesar -2,24% termasuk dalam kategori tidak efektif. Dengan nilai N-gain score minimal -9,76 dan maksimal 4,76%. Maka dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional congklak yang dilakukan melalui layanan bimbingan kelompok cukup efektif untuk meningkatkan kerjasama pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 31 Banjarmasin.

Keywords


Permainan Tradisional Congklak, Bimbingan Kelompok, Kerjasama

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. Asrori, Muhammad. 2014. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Anomsari, Priskila. 2013. Upaya Meningkatkan Nilai Kemandirian Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pada Siswa Kelas VII A SMPN 3 Kemang, Skripsi, Semarang : Universitas Negeri Semarang. Skripsi tidak diterbitkan.

Hartinah, Siti. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung : PT Refika Aditama.

Kurniati, Euis. 2016. Permainan Tradisional & Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta : Prenadamedia Group.

Lacksana, Indra. 2017. Kearifan Lokal Permainan Congklak Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Konseling Disekolah, (Online), Jurnal Satya Widya, Volume 33, Nomor 2.

Marten. 2017. Peningkatan Kerjasama Dan Presentasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Karitas Tahun Pelajaran 2016/2017 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD), Skripsi, Yogyakarta : Universitas Sanatha Dharma.

Nataliya, Prima. 2015. Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisonal Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar, (Online), Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, Volume 03, Nomor 2.

Nur, Haerani. 2013. Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional, (Online), Jurnal Pendidikan Karakter, Volume 3, Nomor 1.

Pratiwi, Hardiyanti. Hasanah, Izatil Nor. 2016. Permainan Tradisional Banjar Untuk Perkembangan Anak. Banjarmasin : Iain Antasari Press.

Pratiwi, Isnaeni.

Wibowo, Ari. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Congklak Lumbung Cerdas Untuk Meningkatkan Kerjasama Belajar Siswa

Pada Mata Pelajaran PKN Kelas IV Sekolah Dasar, (Online),Universitas

PGRI Yogyakarta.

Rekysika, Nola Sanda. 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Melalui Kegiatan Kerja Kelompok Dikelompok A TK Negeri Trukan Siwates Kaligintung Temon Kulon Progo, Skripsi, Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Syahrul, Muhammad. 2015. Pengaruh layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Penyesuain Diri Siswa, (Online), Jurnal Of EST, Volume 1,Nomor 1

(file:///C:/Users/ASUS/Documents/data%20nisa/PROPOSAL%20PTK%20!!!/Jurnal%20New/jurnal%20bim%20kel%20hal%2048.pdf diakses 3 November 2018).

Tim Penyusun Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. 2018. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Edisi Revisi. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2022.5.3.10877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats