THE EFFECTIVENESS OF INDIVIDUAL COUNSELING SERVICES USING SYSTEMATIC DESENSITIZATION TECHNIQUES IN REDUCING THESIS ANXIETY OF GUIDANCE AND COUNSELING STUDENTS CLASS OF 2018 FKIP ULM BANJARMASIN

Edwin Rivaldi, Ali Rachman, Mufida Istati

Abstract


Kecemasan skripsi dapat menyebabkan terhambatnya mahasiswa dalam proses pengerjaan skripsi yang berdampak pada tertundanya kelulusan seorang mahasiswa. Dan hal itu ditemukan beberapa pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2018 FKIP ULM yang memiliki kecemasan skripsi dengan kategori sangat tinggi. Sehingga, Penelitian ini dimaksudkan guna menganalisis layanan konseling individual dengan teknik systematic desensitization dalam mengurangi kecemasan skripsi pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling angktan 2018 FKIP ULM Banjarmasin. Desain pre-experimental dengan pola intac group comparison diterapkan dalam penelitian ini dengan membagi ua kelompok yakni setengah kelompok eksperimen (yang diberi tindakan) dan setengah lagi kelompok kontrol (yang tidak diberikan tindakan). Sampel sebanyak 4 orang siswa yang dibagi menjadi dua yakni setiap kelompok sebanyak 2 orang. Sampel diambil bersumber dari hasil angket kecemasan Skripsi, semua sampel berada dalam kategori sangat tinggi lalu dibagi sama rata.Hasil penelitian ini menujukkan bahwasanya berlandaskan hasil uji dari data yang didapat dengan menerapkan rumus mann whitney yang memerlihatkan bahwasanya asymp.sig (2- tailed)/signifikasi untuk uji dua sisi adalah 0,042 atau probilitas diatas 0,05 (0,042<0,05) maka maka ho ditolak. Jadi kesimpulan pada penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menyatakan bahwasanya konseling individu dengan teknik systematic desensitization efisien guna mengurangi kecemasan skripsi pada mahasiswa BK angkatan 2018 FKIP ULM. Selanjutnya, saran bagi peneliti lain kedepannya ialah agar bisa menyikapi penelitian ini dalam situasi yang beragam dan memahami kelebihan serta kekurangan pada pengaplikasian teknik systematic desensitization.

Keywords


Teknik Systematic Desensitization, Kecemasan Skripsi

Full Text:

PDF

References


Annisa, Donafiti dan Ifdil. 2016. Konsep Kecemasan (Anxiety) Pada Lanjut Usia (Lansia). (Online) 5, (2). Universitas Negeri Padang :

http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/6480

Astuti. 2018. Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Desensitisasi Sistematis Untuk Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Di Depan Umum Pada Peserta Didik Kelas XII SMAN 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi tidak diterbikan. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan

Corey, Gerald. Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi (Diterjemahkan oleh: E. Koswara). 2013. Bandung : PT Refika Aditama.

Desmita. 2015. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Rosadakarya

Djatmiko, Istanto Wahju. 2018. Strategi Penulisan Skripsi, Tesis, Disertasi, Bidang Pendidikan. Yogyakarta: IKAPI

Efrod, Bradley T ( Diterjemahkan oleh : Helly Prajitno Soetjipto, Sri Mulyantini Soetjipto). 2017. 40 Teknik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fausiah, Fitri, dan Widury, Julianti. Psikologi Abnormal Klinis Dewasa. 2014. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press)

Hartono & Soedarmadji, Boy. Psikologi Konseling Edisi Revisi. 2014. Jakarta : KENCANA PERNADA MEDIA GROUP

Hikmawati, Fenti. 2017. Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali pres

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Panduan Operasional

Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta:

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Komalasari dkk. 2018. Teori Dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks

Marjan dkk. 2018. Tingkat Kecemasan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Dalam Menyusun Skripsi. Jurnal Penelitian Guru Indonesia 3(2) 2018

Nursalim, Mochamad. Strategi & Intervensi Konseling. 2014. Jakarta : Akademia Permata

Tim Penyusun. 2018. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat (Edisi Revisi). Banjarmasin: Tidak Diterbitkan

Tohirin, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). 2015. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2022.5.3.10880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats