THE INFLUENCE OF EMOTIONAL INTELLIGENCE ON THE TENDENCY OF BULLYING BEHAVIOR AMONG STUDENTS AT SMP NEGERI 4 BANJARMASIN

Fitria Ramadana, Ali Rachman, Muhammad Arsyad

Abstract


Perilaku bullying merupakan tindakan atau perilaku agresif yang sifatnya mengganggu atau melukai seseorang baik berupa kekerasan fisik, verbal, maupun mental yang dilakukan secara terus menerus oleh pelaku. Kecenderungan perilaku bullying diindikasikan dipengaruhi oleh kecerdasan emosional. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kecenderungan perilaku bullying pada siswa di SMP Negeri 4 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian pengaruh. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar 2 angket yakni angket kecerdasan emosional dan kecenderungan perilaku bullying kepada 205 siswa SMP Negeri 4 Banjarmasin. Tingkat kecerdasan emosional siswa di SMP Negeri 4 Banjarmasin termasuk pada kategori tinggi, sedangkan tingkat kecenderungan perilaku bullying berada pada kategori rendah dan sangat rendah. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 12,9% antara kecerdasan emosional terhadap kecenderungan perilaku bullying pada siswa di SMP Negeri 4 Banjarmasin.

Keywords


kecerdasan emosional, kecenderungan perilaku bullying

Full Text:

PDF

References


Afiyani, I., Wiarsih, C., & Bramasta, D. (2019). Identifikasi Ciri-Ciri Perilaku Bullying Dan Solusi Untuk Mengatasinya Di Sekolah. Mahasiswa BK AnNur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 5, 21–25. Https://Ojs.UniskaBjm.Ac.Id/Index.Php/AN-NUR

Agustini, N. K., Sujana, I. W., & Putra, I. K. A. (2019). “Korelasi Antara Kecerdasan Emosional Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas V SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat”. JP2, 2(1), 131–140.

Andri Setiawan, M., & Rachman, A. (2018). Fakta Negatif Budaya Banjar Dalam Pembentukan Perilaku Bullying Siswa SMA. Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(2), 72–76. Https://Doi.Org/10.31100/Jurkam.V2i2.72

Aulia, S. N. (2022, November 22). Indonesia Peringkat Kelima Kasus Bullying Pada Anak Dan Remaja. Https://Chatnews.Id/Read/Indonesia-PeringkatKelima-Kasus-Bullying-Pada-Anak-Dan-Remaja

Goleman, D. (2007). Kecerdasan Emosional-Daniel Goleman Alih Bahasa : T. Hermaya. Gramedia Pustaka Utama.

Https://Books.Google.Co.Id/Books Id=Fylegikrtnyc&Printsec=FrontcoverV=Onepage&Q&F=False

Goleman, D. (2009). Emotional Intelligence : Mengapa EI Lebih Penting Daripada IQ. Alih Bahasa : Hermaya. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rachman, A. (2016). “Peranan Konselor Sekolah Dalam Meminimalisir Perilaku Bullying Di Sekolah. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 2(2), 24–28”. Http://Ojs.Uniska.Ac.Id/Index.Php/BKA

Rachman, A. (2018). Improving Student Assertive Attitude To Reduce Bullying Behavior In Schoool. 174. Https://Doi.Org/10.2991/Ice-17.2018.104

Rakhmawati, D. (2019). “Pengaruh Bullying Terhadap Kecerdasan Emosional Dan Kesehatan Mental Anak Di SD Negeri 08 Mulyoharjo Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang”. Http://Lib.Unnes.Ac.Id/33405/1/1401414449__Optimized.Pdf

Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573. Https://Doi.Org/10.31004/BASICEDU.V6I3.2892

Restuningtias, A. (2018). Perilaku Menyimpang Pada Anak Sekolah Dasar Di Sd Negeri Salem 05 Kecamatan Salem Kabupaten Brebes.

Https://Repository.Ump.Ac.Id/8044/1/Cover.Pdf

Saragi, S. W. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa SDN 068003 Medan.

Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kansai Pekanbaru. JPPM, 11(1), 11–18.

Sulastri, Amperaningsih, & Yuliati. (2020). Kecenderungan Perilaku Bullying Pada Remaja Di Bandar Lampung.

Https://Journalpress.Org/Proceeding/Ipkji/Article/Download/58/58

Sulistiyana, Rachman, A., Cheseda Makaria, E., & Noor Alfiansyahrani, M. (2020). Kontribusi Komunikasi Verbal Dan Kontrol Sosial Terhadap

Perilaku Bullying Verbal Siswa Sma Negeri 2 Banjarmasin. Jurnal

Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 6(1), 1–7.

Http://Ojs.Uniska.Ac.Id/Index.Php/BKA

Suryani, L. A. T., Sulisnadewi, N. L. K., & Astriani, L. P. N. (2018). Hubungan Tingkat Kecerdasan Emosi Dan Kecenderungan Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri. Community Of Publishing In Nursing, 6(1), 2303–1298.

Tridhonanto, A., & Agency, B. (2010). Meraih Sukses Dengan Kecerdasan Emosional. PT Elex Media Komputindo.

Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Arpbdwaaqbaj&Printsec=Frontcover&Dq=Kecerdasan+Emosi&Hl=Id&Newbks=1&Newbks_Redir=0&Source=Gb_Mobile_Search&Ovdme=1&Sa=X&Redir_Esc=Y#V=Onepage&Q=Kecerdasan%20emosi&F=False

Veenstra, R., Lindenberg, S., Huitsing, G., Sainio, M., & Salmivalli, C. (2014). “The Role Of Teachers In Bullying: The Relation Between Antibullying Attitudes, Efficacy, And Efforts To Reduce Bullying”. Journal Of Educational Psychology, 106(4), 1135–1143.

Https://Doi.Org/10.1037/A0036110

Wahyuni, S., & Adiyanti, M. G. (2011). Correlation Between Perception Toward Parent Authoritarian Parenting And Ability To Empathee With Tendency Of Bullying Behavior On Teenagers . Jurnal Psikologi : Universitas Gadjah Mada, 7(2), 106–234




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2022.5.3.10881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats