THE INFLUENCE OF EMOTIONAL INTELLIGENCE ON THE TENDENCY OF BULLYING BEHAVIOR AMONG STUDENTS AT SMP NEGERI 4 BANJARMASIN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afiyani, I., Wiarsih, C., & Bramasta, D. (2019). Identifikasi Ciri-Ciri Perilaku Bullying Dan Solusi Untuk Mengatasinya Di Sekolah. Mahasiswa BK AnNur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 5, 21–25. Https://Ojs.UniskaBjm.Ac.Id/Index.Php/AN-NUR
Agustini, N. K., Sujana, I. W., & Putra, I. K. A. (2019). “Korelasi Antara Kecerdasan Emosional Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas V SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat”. JP2, 2(1), 131–140.
Andri Setiawan, M., & Rachman, A. (2018). Fakta Negatif Budaya Banjar Dalam Pembentukan Perilaku Bullying Siswa SMA. Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(2), 72–76. Https://Doi.Org/10.31100/Jurkam.V2i2.72
Aulia, S. N. (2022, November 22). Indonesia Peringkat Kelima Kasus Bullying Pada Anak Dan Remaja. Https://Chatnews.Id/Read/Indonesia-PeringkatKelima-Kasus-Bullying-Pada-Anak-Dan-Remaja
Goleman, D. (2007). Kecerdasan Emosional-Daniel Goleman Alih Bahasa : T. Hermaya. Gramedia Pustaka Utama.
Https://Books.Google.Co.Id/Books Id=Fylegikrtnyc&Printsec=FrontcoverV=Onepage&Q&F=False
Goleman, D. (2009). Emotional Intelligence : Mengapa EI Lebih Penting Daripada IQ. Alih Bahasa : Hermaya. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rachman, A. (2016). “Peranan Konselor Sekolah Dalam Meminimalisir Perilaku Bullying Di Sekolah. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 2(2), 24–28”. Http://Ojs.Uniska.Ac.Id/Index.Php/BKA
Rachman, A. (2018). Improving Student Assertive Attitude To Reduce Bullying Behavior In Schoool. 174. Https://Doi.Org/10.2991/Ice-17.2018.104
Rakhmawati, D. (2019). “Pengaruh Bullying Terhadap Kecerdasan Emosional Dan Kesehatan Mental Anak Di SD Negeri 08 Mulyoharjo Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang”. Http://Lib.Unnes.Ac.Id/33405/1/1401414449__Optimized.Pdf
Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573. Https://Doi.Org/10.31004/BASICEDU.V6I3.2892
Restuningtias, A. (2018). Perilaku Menyimpang Pada Anak Sekolah Dasar Di Sd Negeri Salem 05 Kecamatan Salem Kabupaten Brebes.
Https://Repository.Ump.Ac.Id/8044/1/Cover.Pdf
Saragi, S. W. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa SDN 068003 Medan.
Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kansai Pekanbaru. JPPM, 11(1), 11–18.
Sulastri, Amperaningsih, & Yuliati. (2020). Kecenderungan Perilaku Bullying Pada Remaja Di Bandar Lampung.
Https://Journalpress.Org/Proceeding/Ipkji/Article/Download/58/58
Sulistiyana, Rachman, A., Cheseda Makaria, E., & Noor Alfiansyahrani, M. (2020). Kontribusi Komunikasi Verbal Dan Kontrol Sosial Terhadap
Perilaku Bullying Verbal Siswa Sma Negeri 2 Banjarmasin. Jurnal
Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 6(1), 1–7.
Http://Ojs.Uniska.Ac.Id/Index.Php/BKA
Suryani, L. A. T., Sulisnadewi, N. L. K., & Astriani, L. P. N. (2018). Hubungan Tingkat Kecerdasan Emosi Dan Kecenderungan Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri. Community Of Publishing In Nursing, 6(1), 2303–1298.
Tridhonanto, A., & Agency, B. (2010). Meraih Sukses Dengan Kecerdasan Emosional. PT Elex Media Komputindo.
Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Arpbdwaaqbaj&Printsec=Frontcover&Dq=Kecerdasan+Emosi&Hl=Id&Newbks=1&Newbks_Redir=0&Source=Gb_Mobile_Search&Ovdme=1&Sa=X&Redir_Esc=Y#V=Onepage&Q=Kecerdasan%20emosi&F=False
Veenstra, R., Lindenberg, S., Huitsing, G., Sainio, M., & Salmivalli, C. (2014). “The Role Of Teachers In Bullying: The Relation Between Antibullying Attitudes, Efficacy, And Efforts To Reduce Bullying”. Journal Of Educational Psychology, 106(4), 1135–1143.
Https://Doi.Org/10.1037/A0036110
Wahyuni, S., & Adiyanti, M. G. (2011). Correlation Between Perception Toward Parent Authoritarian Parenting And Ability To Empathee With Tendency Of Bullying Behavior On Teenagers . Jurnal Psikologi : Universitas Gadjah Mada, 7(2), 106–234
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2022.5.3.10881
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia