Effectiveness of Self Management Techniques to Improve Self Control of Class X Students at SMA Negeri 7 Banjarmasin

Fitriani Fitriani

Abstract


Thexpurpose of this study aimsxto describe the effectiveness ofxself managementxtechniques to improve self-control in students in the use of internetxquota for class X at SMA Negeri 7 Banjarmasin. The data collection used is anxexperimental method in the form ofxSingle Subject Research (SSR) using a quantitative approach. Thisxresearchxwas carriedxout at SMA Negeri 7 Banjarmasin.xThe population inxthisxstudy were 80 students and the sample taken was 1 person obtained from the results of a questionnaire using purposivexsampling. Thexresults of this study indicatexthat there is an increase in self-control in students by using self-management techniques, students can make changes to the behavior of the target of forming the expected behavior, namely being able to divide study time and playing smartphones well, able to access social media less than 2 gb, able to limit use internet quotaxevery day, and are able to accept the risk of their behavior. With the conclusionxthat there are differencesxin the level of self-controlxbefore and after beingxgiven self-managementxtechniques in individualxcounseling services. So self-managementxtechniques in individual counselingxservices are quitexeffective inxincreasing self-control inxclass X students at SMA Negeri 7xBanjarmasin.

Keywords


IndividualxCounseling, Self ManagementxTechniques, Self Control

Full Text:

PDF

References


Agung, Widhi Pramana. 2018. Hubungan Antara Waktu Pengguna Gadget dengan Kontrol Diri Pada Anak yang Bermain Video Game Online. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Univeristas Islam Indonesia.

Asmawati, Ozy. 2017. Efektivitas Konseling Individual Dengan Teknik Self Management Dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Perintis 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri.

Astidewi, Kusuma. 2018. “Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Penggunaan Paket Kuota Internet”. Jurnal Psikologi, 6(1).(Diakses dari http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/wp content/uploads/2018/08/jurnal%20Kusuma%20(08-27-18-01-40-20).pdf [1 September 2019]).

Astriana, dkk. 2016. “Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Behavior Contract Dalam Mengurangi Penyalahgunaan Smarthphone Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi (AP) SMK Negeri 2 Palu”. Jurnal Konseling & Psikoedukasi, 1(2): 15-29. (Diakses http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKP [1 September 2019]).

Azizah, Nur Imran. 2020. Penerapan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kecanduan Media Sosial Pada Siswa Di Sma Negeri 1 Sinjai. Jurnal. Makassar: Universitas Negeri Makasar. (Diakses

darihttp://eprints.unm.ac.id/19360/1/JURNAL%20NUR%20AZIZAH%20IMRAN.pdf [24 Oktober 2021]).

Cahyo, Santi Rini & Setiawati, Denok. 2014. “Penerapan Layanan Konseling Kelompok Strategi Self Management Untuk Meningkatkan Self Control Pada Siswa Kelas XI Di SMK Negeri Rengel Tuban”. Jurnal Pendidikan.

Hikmawati, Fenti. 2017. Metadologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Isnaini, Faiqotul & Taufik. 2015. Strategi Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar. Jurnal Humaniora, 16(2): 40-41.(Diakses dari http://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/download/182/1293 [26 Februaru 2020]).

Jannah, Zaitun. 2018. Efektifitas Teknik Behavior Contract dalam Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa di Man 4 Aceh Besar. Skripsi tidak diterbitkan. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Kurniawan, Sus. 2017. Pengaruh Layanan Konseling Indivu Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Siswa Pengguna Sosial Media Di SMP N 2 Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Latipun. 2003. Psikologi Konseling Edisi Keempat. Malang: UMM Press.

Margono. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nafisah, Diah. 2019. Perilaku Konsumtif Pada Remaja Pengguna Kuota Ditinjau Dari Kontrol Diri dan Gaya Hidup. Skripsi tidak diterbitkan. Raden Intan Lampung: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Raden IntanLampung.

Neolaka, Amos. 2016. Metode Penelitian dan Statistik. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya. Nurul, Zakki Amin. 2017. Portofolio Teknik-Teknik Konseling (teori dan contoh aplikasi penerapan). Semarang: Unnes.

Pratama, Nursiwan Surya. 2018. Pengaruh Konseling Behavior Contract Untuk Mengurangi Perilaku Kecanduan Media-Sosial pada Peserta Didik Kelas X SMK PGRI 4 Bandar Lampung. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri.

Putra, I Wayan Andika Sari, Kadek, Suranata & Dharsana, I Ketut. 2014. Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Shaping untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. E-Journal Undiska Jurusan Bimbingan Konseling. Vol. 2, No. 1. Dari http/2019224228 1PB%20(1).pdf

Sani, Fathnur K. 2018. Metodologi Penelitian Farmasi Komunitas dan Eksperimental Dilengkapi Dengan Analisis Data Program SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut & Kusmawati, N. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaodih, Nana Sukmadinata. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Taufik. 2012. Model-Model Konseling. Padang: Bimbingan dan Konseling.

Tangney, JP., Baumeister, R.F., & Boone, A.. (2004). High Self-Control Predict Good Adjustment, Lees Pathology, Better Grades, and Interpersonal Success. Journal of Personality, 7(2). (Diakses dari https://repository.uma.ac.id/bitstream/123456789/9718/1/Ali%20imon%20 Fuadi%20-%fulltext.pdf [20 Agustus 2019]).

Wahyuni, Septi. 2016. “Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Teknik Kontrak Perilaku (Behavior Contract) di TK Abas Pakis”. Jurnal

Pendidikan Guru Pendidik Anak Usia Dini Edisi 3 Tahun Ke-5”. (Diakses darihttp://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/download/1258 /1133 [20 Agustus 2019]).

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian

Gabungan. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2023.6.1.11302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats