THE RELATIONSHIP BETWEEN VICARIOUS EXPERIENCE AND USE OF SOCIAL MEDIA INSTAGRAM WITH SELF PRESENTATION OF CLASS XI STUDENTS AT SMA NEGERI 5 BANJARMASIN

Rezki Aulia, Ririanti Rachmayanie Jamain, Muhammad Arsyad

Abstract


Remaja mempresentasikan dirinya berdasarkan kesan diri yang ingin dibangun setelah melakukan pengamatan dan peniruan terhadap model tertentu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara vicarious experience dan penggunaan media sosial instagram dengan presentasi diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional dengan jumlah sampel 177 siswa di SMA Negeri 5 Banjarmasin. Menggunakan simple random sampling, metode pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara vicarious experience dan penggunaan media sosial instagram dengan presentasi diri pada siswa.

Keywords


Vicarious Experience, Penggunaan Media Sosial Instagram, Presentasi Diri PE

Full Text:

PDF

References


Gustina, Heny. 2015. Korelasi Media Sosial Instagram Dengan Presentasi Diri Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Riau. Jom FISIP Vol 2 No 2

Ghufron, M.N & Risnawita. 2014. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta : AR-RUZZ Media.

Hapsari, Galih. 2013. Pengaruh Vicarious Experience Terhadap Motivasi Berwirausaha Pada Siswa SMKN 2 Salatiga.

Rozika, L. A. & Ramdhani, N. 2016. Hubungan Antara Harga Diri Dan Body Image Dengan Online Self-Presentation Pada Pengguna Instagram. Gadjah Mada Journal Of PsychologyVol 2 No 3.

Pratiwi, Nindyatri. 2013. Pengaruh Vicarious Experience Terhadap Self Efficacy Berwirausaha Pada Siswa Smk Negeri 2 Salatiga.

Putra, M.G., Herdiana, I., & Alvin, I.N. 2012. Pengantar Psikologi Sosial. Surabaya : Pusat Penerbitan dan Percetakan Unair (AUP).

Putro, H. Y. S., Rachman, A., Setiawan, M. A., & Pahri, M. (2022). Modul digital layanan klasikal melalui platform zedemy untuk meminimalisir perilaku cyberbullying. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(1), 96–101.

Savitri, Astrid. 2019. Menggali Pundi-pundi Lewat Tren Sosial Media . Yogyakarta : Solusi Mitra Media.

Susandi, D.O.C. 2014. Hubungan Antara Harga Diri dengan Presentasi Diri Pada Pengguna Jejaring Sosial Facebook




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2023.6.2.11357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats