THE ROLE OF CHARACTER EDUCATION IN THE FORMATION OF STUDENT CHARACTERS WHO ARE FAITHFUL, DEVOTED TO GOD ALMIGHTY AND HAVE NOBLE CHARACTER, BASED ON THE PERSONALITY THEORY OF BEHAVIOURISM
Abstract
Dampak negatif globalisasi telah berdampak pada moral siswa generasi sekarang. Untuk menangkal kemerosotan moral yang dialami peserta didik pada generasi saat ini, termasuk dalam pengembangan akhlak mulia, maka pendidikan karakter sangat vital digunakan dalam pendidikan Indonesia. Seorang murid perlu mendapatkan pengajaran dalam akhlak yang baik karena dengan demikian akan membantunya berkembang menjadi pribadi yang baik dan berakhlak mulia di masa yang akan datang. Tujuan utama esai ini adalah untuk: 1. Mengidentifikasi ciri-ciri mahasiswa Pancasila yang bertakwa, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. 2. Memahami apa itu pengembangan karakter. 3. Memiliki pemahaman dasar tentang teori kepribadian behavioristik. 4. Apakah anda mengetahui bagaimana karakter anak didik pancasila dibentuk oleh pendidikan karakter? takut akan Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki akhlak yang baik? Evaluasi literatur menggunakan 6 jurnal nasional, 5 jurnal dari luar negeri, dan 5 buku merupakan metodologi penelitian. Menurut temuan penelitian, pendidikan karakter memainkan peran penting dalam menumbuhkan kualitas moral seperti kejujuran, toleransi, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, kebanggaan nasional, dan cinta tanah air, serta nilai-nilai agama seperti kesalehan, penghargaan prestasi, dan gemar membaca, dan peduli lingkungan. Menurut teori kepribadian behaviorisme, bagaimanapun dimaksudkan agar karakter siswa akan berubah menjadi lebih baik sebagai hasil pembelajaran dan pembiasaan di dalam kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdau, M. F. (2021). Membangun Strategi Lembaga Pendidikan Dalam Pendidikan Karakter (A. M. B. K. PS (ed.); Pertama). CV. Globak Aksara Pres. https://books.google.co.id/books?id=J_hIEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
Amrin Sofian. (2017). PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM
MENUMBUHKAN KARAKTER ANTI KORUPSI. Pigur, 01, 14–30.
https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Arifin, F., Ulfiah, U., Sauri, S., & Koswara, N. (2022). Management Of Strengthening Character Education In Fostering Morals Of Karimah Students At Madrasah Tsanawiyah, Bandung Regency. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 3(5), 1920–1926. https://doi.org/10.51601/ijersc.v3i5.493
Baehr, J. (2017). The Varieties of Character and Some Implications for Character Education. Journal of Youth and Adolescence, 46(6), 1153–1161. https://doi.org/10.1007/s10964-017-0654-z
Citraningrum, D. M., Afrizal, M., & Hima, R. (2022). Wujud Karakter Pelajar Pancasila dalam 66 Kisah Kebaikan untuk Anak. 7(2), 261–273.
Fadilah, Rabiah, Alim, W. S., Zumrudiana, A., Lestari, L. W., Baidawi, A., & Alinea Dwi
Elisanti. (2021). Pendidikan Karakter (M. I. A. Fathoni (ed.); Pertama). cv. Agrapana Media. https://books.google.co.id/books?id=fcAZEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=Peran+Pendidikan+Karakter+Dalam+Pembentukan+Karakter+Siswa+yang+Berim
an,+Bertakwa+Kepada+Tuhan+yang+Maha+Esa+dan+Berakhlak+Mulia,+Berdasarkan+Teori+Kepribadian+Behaviorisme.&hl=id&new
Indriani, E. (2019). Modernisasi Dan Degradasi Moral Remaja (Studi di Desa Jati Mulyo Kec. Jati Agung, Kab. Lampung Selatan). Skripsi, 1–83.
Irawan, S., & Sowiyah, S. (2020). The Effectiveness of Strengthening Character Education In Boarding School. ... Journal of Research and ..., IV(Xi), 103–107.
http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/37806%0Ahttp://repository.lppm.unila.ac.id/37806/1/The Effectiveness of Strengthening Character.pdf
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Ismail, R. N., Mudjiran, & Neviyarni. (2019). Membangun karakter melalui implementasi teori belajar behavioristik pembelajaran matematika berbasis kecakapan abad 21. Menara Ilmu, XIII(11), 76–88. http://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/1649116
Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157.
https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. 257–265.
Malang, T. P. B. M. P. S. K. (2020). Sketsa Pelangi Pendidikan Karakter (J. Mistar & K. H. Sunyoto (eds.); Pertama). PT. Cita Intrans Selaras.
https://books.google.co.id/books?id=uUzuDwAAQBAJ&pg=PA106&dq=Membangun+karakter+beriman+di+sekolah&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&ovdme=1&sa=X&ved=2ahUKEwiomcGJtuf7AhVrxzgGHR0
AAioQ6wF6BAgDEAU#v=onepage&q=Membangun karakter beriman d
Mansyur, U. (2020). Pengenalan Nilai-Nilai Akhlak Mulia Melalui Metode Pembiasaan Di Ra Al Rosyid Bojonegoro. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 2(1), 11–26. https://doi.org/10.36840/alaufa.v2i1.272
Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Sofyan Mustoip Muhammad Japar Zulela Ms 2018.
Prasetiya, B., Tobroni, Cholily, Y. M., & Khozin. (2021). Metode Pendidikan Karakter Religius Paling Efektif di Sekolah (Saeful Anam & Ahmad Ardian Zuheri (eds.); Pertama). Academia Publication.
https://books.google.co.id/books?id=Lsg3EAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39.
https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480
Shoimah, L., Sulthoni, & Soepriyanto, Y. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasar. JKTP - Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 169–175.
Sirait, I., Siddik, D., & Zubaidah, S. (2017). “Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Pengembangan Pendidikan Karaketr di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan.” Edu Religia, 1(4), 550.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif kualitatif.
Sulyati, E. (2020). Character Education and Language. International Journal of Science and Society, 2(1), 255–266. https://doi.org/10.54783/ijsoc.v2i1.75
Suryo Putro, H. Y., Makaria, E. C., Hairunisa, H., & Rahman, G. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Assesmen Diagnostik Guna Optimalisasi Pembelajaran. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 2(4), 698. https://doi.org/10.20527/ilung.v2i4.7697
Syamsunardi, & Syam, N. (2019). Pendidikan Karakter Keluarga dan Sekolah (A. S. Ahmar (ed.); Pertama). Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=Ksa_DwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
Unwanullah, A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Akhlak Mulia Pada Sekolah Menengah Pertama Berbasis Asrama Di Tuban. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 67–82.
Utami, S. W. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 63.
https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p63-66
Zed, M. (2018). Metode penelitian kepustakaan (Kelima). Yayasan Pustaka Obor Indonesia. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1057879
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2023.6.3.11368
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia