EXPRESSIVE WRITING TECHNIQUES TO REDUCE LEARNING SATURATION OF STUDENTS OF SMP NEGERI 1 BANJARMASIN

Afida Ismul Adha

Abstract


Kejenuhan belajar adalah keadaan dimana terjadi penurunan minat, motivasi belajar, kinerja dan prestasi pada seseorang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 1 Banjarmasin sebelum dan sesudah diberikannya treatment konseling kelompok dengan teknik menulis ekspresif. Penelitian ini juga untuk mengetahui efektifitas konseling kelompok dengan teknik menulis ekspresif untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa SMP Negeri 1 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan one-group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Banjarmasin. Pemilihan sampel dalam menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 4 orang siswa. Hasil perhitungan uji Wilcoxon melalui aplikasi SPSS versi 26 for Windows, pada tabel positive ranks dengan nilai 0 artinya seluruhnya mengalami penurunan hasil dari pretest ke posttest. Berdasarkan pada tabel The Statisticd, diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) p-value=0,037<0,05. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan yaitu Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti konseling kelompok dengan teknik menulis ekspresif efektif dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 1 Banjarmasin

Keywords


Konseling Kelompok; Menulis Ekspresif; Kejenuhan Belajar.

Full Text:

PDF

References


Al-Qawiy, & Abu Abdirrahman. (2004). Mengatasi Kejenuhan. Khalifa.

Ambarwati. (2017). Kejenuhan Belajar dan Cara Mengatasinya (Studi Komparasi Pembelajaran Agama Islam pada Pondok Pesantren An-Nur, Al-Hikmah dan AlHadid di Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunung Kidul).

Budury, S., & Khamida, K. (2021). Playing" Walk And Stop" and Expressive Writing to Reduce Children’s Stress During the Covid Pandemic 19. Indonesian Journal of Cultural and Community Development, 8(1), 8–10.

Fadjarajani, S., Rosali, E. S., Patimah, S., Sriekaningsih, A., & Daengs, A. (2020). Metodelogi Penelitian Pendekatan Multidisipliner. Ideas Publishing.

Kurnanto, E. (2013). Konseling Kelompok. Alfabeta.

Maslach. (1993). Burnout, a multidimensional perspective. In: Schaufeli W, Maslach C, Merek T, eds. Professional Burnout: Recent Development in Theory And Research.

Putro, H. Y. S., & Al Huda, S. (2022). Pengembangan Modul Digital Information Report Text Berbasis Assure Sekolah Menengah Pertama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3310–3318.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Sukmadinata & Nana Syaodih. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Wahyuli, R., & Ifdil, I. (2020). Perbedaan Kejenuhan Belajar Siswa Full Day School Dan Non Full Day School. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 4(3), 188–194




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2023.6.2.11369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats