THE INFLUENCE OF INTENSITY OF INTERNET USE ON STUDENTS’ ACADEMIC PROCRASTINATION AT SMP NEGERI 30 BANJARMASI

Rizky Amelia, Akhmad Sugiyanto, Faisal Rachman

Abstract


Intensitas Penggunaan Internet dapat diartikan sebagai seberapa sering siswa menggunakan internet. Selain memiliki manfaat yang luar biasa positif namun juga memiliki dampak yang negatif. Contoh dari dampak negatif yaitu siswa dapat melakukan penundaan pengerjaan tugas atau disebut dengan prokrastinasi akademik. Mengetahui pengaruh Intensitas Penggunaan Internet terhadap Prokrastinasi Akademik pada siswa di SMP Negeri 30 Banjarmasin ialah tujuan dari penelitian ini. Pendekatan pada penelitian ini ialah kuantitatif dengan jenis penelitian pengaruh. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 30 Banjarmasin dengan alat pengumpul data berupa angket dengan populasi sebanyak 411 siswa. Teknik penarikan sampel menerapkan teknik simple random sampling dengan sampel sebanyak 203 siswa. Pengumpulan data yang diterapkan yaitu skala Intensitas Penggunaan Internet dan skala Prokrastinasi Akademik. Teknik analisis data yang penelitian ini aplikasikan ialah Statistik deskriptif dan Regresi linear sederhana. Adapun hasil penelitian memperlihatkan bahwa nilai signifikansi untuk Intensitas Penggunaan Internet (X) terhadap Prokrastinasi Akademik (Y) adalah < 0,001 (p < 0,05) sehingga kesimpulan yang bisa dibuat yaitu bahwa ada pengaruh antara variabel Intensitas Penggunaan Internet terhadap Prokrastinasi Akademik pada siswa SMP Negeri 30 Banjarmasin.

Keywords


Intensitas Penggunaan Internet, Prokrastinasi Akademik, Siswa

Full Text:

PDF

References


APJII. (2022). Survey Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia.

Ghufron, N & Risnawita, R. (2014). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: ArRuzz Media.

Julian, M. P (2020). Hubungan Intensitas Penggunaan Internet Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI SMA Frater Don

Bosco. Skripsi. Banjarmasin :Fakultas Kedokteran, Universtas

Lambung Mangkurat.

J

unia, A. V., Sofah, R., & Putri, R. M. (2019). Tingkat Prokrastinasi

Akademik Berdasarkan Intensitas Penggunaan Media Sosial Di SMP

Negeri 18 Palembang (Doctoral Dissertation, Sriwijaya University).

Mu’alima, K. (2021). FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI

PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK. KoPeN:

Konferensi Pendidikan Nasional, 3(2), 30-33.

Muyana, S. (2018). Prokrastinasi Akademik Dikalangan Mahasiswa

Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 45-52.

Novianty, D. D., Sriati, A., & Yamin, A. (2019). Gambaran penggunaan dan tingkat kecanduan internet pada siswa-siswi SMA X di Jatinangor. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 5(2), 76-87.

Nurdianto, F. (2021). Pengaruh Intensitas Dan Pemanfaatan Internet

Terhadap Akhlak Bermasyarakat. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan

Konseling, 6(1), 120-128.

Putri, P. W. (2013). Analisis faktor prokrastinasi akademik: studi pada

mahasiswa psikologi angkatan 2009 Universitas Islam Negeri

Maulana Malik Ibrahim Malang (Doctoral dissertation, Universitas

Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Raharjo, D. P. (2021). Intensitas Mengakses Internet Dengan Perilaku

Phubbing. Psikoborneo Jurnal Imiah Psikologi, 9(1), 1-12.

Saputri, O. E., Arifah, S., Kp, S., Wulaningrum, D. N., & Ns, S. K.

(2014). Gambaran Penggunaan Internet Pada Anak Remaja Di SMP

Muhammadiyah 1 Kartasura (Doctoral Dissertation, Universitas

Muhammadiyah Surakarta).

Siregar, T. A., & Hamdan, S. R. (2021). Studi Deskriptif Mengenai Adiksi Internet pada Remaja di Kota Bandung.

Sugianto, A. (2020). Workshop Penguatan Pendidikan Karakter bagi Guru Bimbingan dan Konseling SMP: Workshop on Strengthening

Character Education for Junior High School Guidance and

Counseling Teachers. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian

kepada Masyarakat, 6(1), 90-96.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Triyono Dan Alfin M.K . (2018). Prokrastinasi Akademik Siswa Sma

(Dampak Psikologis Dan Solusi Pemecahannya Dalam Perspektif

Psikologi Pendidikan Islam). Jurnal Al Qalam, 19(2): 57-74




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2023.6.2.11370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats