STRENGTHENING STUDENTS' CRITICAL THINKING AS AN EFFORT TO IMPROVE SOCIAL COGNITIVE SKILLS IN SUPPORTING EDUCATION IN THE ERA OF INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0

Najwa Shabrina Dinanty, Nina Permata Sari, Eklys Cheseda Makaria

Abstract


Peningkatan kemampuan berpikir kritis sebagai upaya peningkatan kemampuan penalaran kritis di era revolusi industri 4.0 jika dihubungkan dengan teori belajar sosial kognitif, permasalahan yang diangkat dalam artikel ini adalah kemampuan siswa/ individu dalam melakukan penalaran kritis. Kemampuan berpikir kritis dapat mendorong individu untuk berpikir secara logis, mampu menyampaikan ide, argument dengan baik dan dapat mengevaluasi ide secara logis. Kemampuan individu dalam berpikir kritis akan mempengaruhi kepribadian individu dalam bersikap, konsep diri dan kematangan perilaku. Individu yang memiliki konsep diri yang positif akan mempengaruhi keputusan dan tindakan mereka dalam bersikap, sebaliknya individu yang memiliki konsep diri yang negatif maka dirinya akan kesulitan dalam membuat keputusan dan tindakan. Salah satu potensi yang penting dimiliki individu, di era revolusi industri 4.0 persaingan kompetensi tidak hanya terjadi pada setingkat global maka kemampuan berpikir kritis perlu dikembangkan agar dapat menciptakan SDM yang unggul Program profil pelajar pancasila implementasi dari konsep belajar sepanjang hayat capaian adalah penanaman pendidikan karakter, nilai dan sikap tercermin pada 6 dimensi pada profil pelajar pancasila. Kemampuan berpikir dan bernalar kritis menjadi salah satu skill yang dikembangkan pada era revolusi industri 4.0.


Keywords


Profil Pelajar Pancasila; Berpikir Kritis; Revolusi Industri 4.0; Teori Kognitif Sosial

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S.M. (2019) ‘Social Cognitive Theory : A Bandura Thought Review published in 1982-2012’, Psikodimensia, 18(1), p. 85. Available at: https://doi.org/10.24167/psidim.v18i1.1708.

Agung, R. (2019) ‘Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika’, Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , 9(1), pp. 27–34. Available at: https://core.ac.uk/download/pdf/327227393.pdf.

Annisa, A. (2001) ‘Sejarah Revolusi Industri dari 1.0 sampai 4.0’, Artikel Mahasiswa Sistem Telekomunikasi, 1(January), pp. 2–3. Available at: https://doi.org/10.13140/RG.2.2.20215.24488.

Ariani, F., Dawud, D. and Basuki, I.A. (2019) ‘Korelasi Kemampuan Bernalar dengan Kemampuan Menyimak Kritis Debat pada Siswa Kelas X’, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(2), p. 230. Available at: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.12003.

Doringin, F., Tarigan, N.M. and Prihanto, J.N. (2020) ‘Eksistensi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0’, Jurnal Teknologi Industri dan Rekayasa (JTIR), 1(1), pp. 43–48. Available

at: https://doi.org/10.53091/jtir.v1i1.17.

Farizawati, Laili, R. N., Sayekti, S. P., Suriansyah, A., Fitriyanti, Deswarni, D., et al. (2022). Pendidikan ERA 4.0. Yogyakarta: Nuta Media.

Haber, J. (2020). Critical thinking. MIT Press.

Harahap, N.J. (2019) ‘Mahasiswa Dan Revolusi Industri 4.0’, Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(1), pp. 70–78. Available at: https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i1.38.

Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. CV Jejak (Jejak Publisher).

https://books.google.co.id/books?id=BPoGEAAAQBAJ&pg=PA56&dq=etika+nikomakea&hl=en&newbks=1&newbks_redir=1&sa=X&ved=2ahUKEwi8wMDx7Pb7AhXn7TgGHX6D

ArYQ6AF6BAgBEAI

Juliani, A.J. and Bastian, A. (2021) ‘Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila’, pp. 257–265.

Kemendikbudristek RI. (2022). Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Komariyah, S., Fatmala, A. and Laili, N. (2018) ‘Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika’, Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 4(2), pp. 55–60.

Pontianak, U.T. (2022) ‘Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa PERAN GURU DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA, 6(1), pp. 1–14.

Rahayu, R., Iskandar, S. and Abidin, Y. (2022) ‘Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia’, Jurnal Basicedu, 6(2), pp. 2099–2104. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.

Saputra, H. (2020) ‘Kemampuan Berfikir Kritis Matematis’, Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), pp. 1–7.

Sherly, S. et al. (2021) ‘Sosialisasi Implementasi Program Profil Pelajar Pancasila Di Smp Swasta Sultan Agung Pematangsiantar’, Jubaedah : Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(3), pp. 282–289. Available at: https://doi.org/10.46306/jub.v1i3.51.

Sihotang, K. (2019). Berpikir kritis: Kecakapan hidup di era digital. PT Kanisius.

Siti Zubaidah (2010) ‘Berfikir Kritis : Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Yang dapat Dikembangkan Melalui Pembelajaran Sains’, Seminar Nasional Sains 2010 dengan Tema “Optimalisasi Sains untuk Memberdayakan Manusia”, 16(January 2010), pp. 1–14. Available at: https://www.researchgate.net/profile/Siti-Zubaidah-7/publication/318040409_Berpikir_Kritis_Kemampuan_Berpikir_Tingkat_Tinggi_yang_Dapat_Dikembangkan_melalui_Pembelajaran_Sains/links/59564c650f7e9b591cda994b/Berpikir-Kritis-Kemampuan-Berpikir-Tingkat-Tingg.

Sosial, K. and Bandura, A. (no date) ‘Determinisme kiai pancasilais dalam perspektif teori kognitif sosial albert bandura’.

Sosial, K. and Bandura, A. (no date) ‘Determinisme kiai pancasilais dalam perspektif teori kognitif sosial albert bandura’.

Suhelayanti, S., Aziz, M. R., Sari, D. C., Safitri, M., Saputra, S., Purba, S., ... & Simarmata, J.(2020). Manajemen Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Suryo Putro, H.Y. et al. (2023) ‘Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Assesmen Diagnostik Guna Optimalisasi Pembelajaran’, Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 2(4), p. 698. Available at:

https://doi.org/10.20527/ilung.v2i4.7697.

UGM, F. F. (2019). Revolusi Industri 4.0. CV Jejak (Jejak Publisher).

Yuliana Intan Lestari (2012) ‘Hubungan Antara Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Sikap Terhadap Pengembangan Karir Pegawai Negeri Sipil Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Riau’, Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 8(Juni), pp. 37–48.

Yusuf, M. (2021). PENDIDIKAN HOLISTIK MENURUT PARA AHLI.

Zed, M. (2004). Metode peneletian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2023.6.3.11375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats