INTERVENSI PERAN NILAI AGAMA DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA ERA 4.0: PERSPEKTIF TEORI KEPRIBADIAN KOGNITIVISTIK

Mahdina Munawarah, Nina Permata Sari, Eklys Cheseda Makaria

Abstract


Penelitian dilakukan guna mengidentifikasi pentingnya intervensi peran nilai agama dalam membangun karakteristik siswa di era 4.0 dilihat dari perspektif teori kepribadian kognitivistik dengan menelaah apa yang dimaksud dengan nilai agama, apa saja karakter siswa di era 4.0,dan bagaimana dampak dari intervensi tersebut jika dilihat dari perspektif kognitivistik. Penelitian yang bersangkutan perlu untuk dilakukan guna mempersiapkan salah satu bentuk pendidikan yang sesuai dalam menghadapi era disrupsi teknologi dengan memanfaatkan peran nilai agama. Karena dilihat dari hasil penelitian tersebut, disrupsi teknologi memberikan probabilitas yang kuat dalam merusak karakter siswa sesuai dengan dampak positif yang ia berikan. Selama melakukan penelitian, penulisan argumentasi dikuatkan dengan berbagai data
yang dikumpulkan lewat metode kajian atau studi pustaka yang kemudian dianalisis guna menyesuaikan dengan informasi yang diinginkan. Hasilnya ialah jika berdasarkan pada perspektif kognitif maka pembentukan dasar pengetahuan lewat menanamkan nilai agama adalah hal yang penting karena dengan mendalami pemahaman agama yang baik maka proses ia berpikir akan berdasar pada perintah tuhan dan akan menjauhi larangannya. Hal tersebut akan membantunya dalam memfilter informasi yang ia dapatkan secara digital lewat media innternet ataupun jaringan sosial yang ia ikuti. Sehingga pendidikan yang berfokus pada penanaman nilai agama diperlukan untuk membentuk karakter siswa di era 4.0 yang baik sesuai dengan nilai-nilai agama yang ada.


Keywords


Karakter, Era 4.0, Kognitivistik

Full Text:

PDF

References


AMINEF. (2019). Merunut Lemahnya Hukum Cyberbullying di Indonesia.

Arif, K. (2021). Strategi Membangun SDM yang Kompetitif, Berkarakter dan Unggul Menghadapi Era Disrupsi. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.4 No.1.

Basuni, A.,et al. (2021). Psikopedagogik Islam Dimensi Baru Teori Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Dataindonesia.id. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022.

Diana, R., Hasanah, F., Mori, R.P., Mailani, N. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Multiple Intelligence sebagai Desain Pembelajaran di Era Disrupsi. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1).

Ezaputra, d. (2019). Kuasa Disrupsi Teknologi: Relasi Manusia dan Teknologi di Era Digital.Yogyakarta: Penerbit Elmatera Work Press.

Faizahisme. (2021). Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Buku Debat Islam vs Non Islam Karya Dr. Zakir Naik. Padag+ng: Guepedia.com.

Hermawan, D., dkk. (2021). Ilmu Tasawuf: Tuntunan Hidup Kitab Basah di Zaman Edan. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Manajemen (NEM).

Jarvis, M. (2021). Psikologi Kognitif: Seri Teori Psikologi. Terjemahan dari Theoretical Approaches in Psychology. Penerbit Nusamedia.

Juwantara, R. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1).

Kemendikbudristek RI. (2022). Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan,Riset dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Labobar, K. (2019). Agama Suku dalam Sejarah dan Fakta. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Masluhah, d. (2021). Pemikiran Muhammad Iqbal Tentang Pendidikan

Karakter dan Relevansinya dengan Era Disrupsi. Ta'ALLUM: Jurnal Pendidikan islam, 9(2), 317-338.

Maulidiyah, E. C. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Agama Dalam Pendidikan Anak Di Era Digital. Jurnal Perempuan dan Anak, Vol 2 No 1.

Nafisah, H. S. (2018). Pengaruh Model Perkembangan Moral Kognitif terhadap Kesadaran Bahaya Narkoba pada Pembelajaran IPA Siswa SMP. TPACK-IPA (Technolgical Pendagogical Content Knowledge), 2.

Nieswiadomy, R.M., & Bailey, C. (2018). Foundations of nursing Research 7 Ed. Texas: Pearson Education.

Nurjanah, S. (2018). Perkembangan Nilai Agama dan Moral (STTPA

Tercapai). Jurnal Paramurobi , Vol. 1 No.1.182

Prasetio Rumondor, N. M. (2019). Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kompetensi Kognitif dan Kepribadian Siswa di MTs Negeri 1 Bongkudai. Edureligia Jurnal Pendidikan

Islam, Vol. 3, No.1.

Pratiwi, E. (2021). Kewarganegaraan. Solok: Penerbit Insan Cendekia Mandiri.

Qudratullah. (2019). Buku Ajar Psikologi Agama. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Retnaningdyastuti, S. (2018). Tantangan dan Peluang Siswa dan Guru BK di Era Disrupsi.Prosiding Seminar Nasional: Strategi Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Era Disrupsi.

Saidurrahman, Arifinsyah. (2018). Nalar Kerukunan Merawat Keragaman Bangsa Mengawal NKRI. Jakarta: Prenamedia Group.

Samsudin. (2019). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kepribadian di Era Disrupsi. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, Vol.30, No.1.

Sayyidi, & Sidiq, M.A.H. (2020). Reaktualisasi Pendidikan Karakter di Era Disrupsi. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1). doi:https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i1.520

Suryo Putro, H. Y., Makaria, E. C., Hairunisa, H., & Rahman, G. (2023). PeningkatanKompetensi Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Assesmen Diagnostik Guna Optimalisasi Pembelajaran. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 2(4), 698. https://doi.org/10.20527/ilung.v2i4.7697

Yasbiati, Gandana.G,. (2019). Alat Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini: Teori dan Konsep Dasar Cetakan ke 2. Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2023.6.3.11378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats