UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SEORANG PESERTA DIDIK PADA ERA GLOBALISASI BERDASARKAN TEORI KEPRIBADIAN KOGNITIF

M. Nor Faizi, Nina Permata Sari, Eklys Cheseda Makaria

Abstract


Pada dasarnya kemampuan bernalar kritis sangat penting untuk berbagai kegiatan yang sulit. Maka dari itulah artikel ini memiliki tujuan sebagai referensi dalam upaya meningkatkan kemampuan bernalar kritis seorang peserta didik pada era globalisasi berdasarkan teori kognitif. Metode yang digunakan merupakan studi litertur yang mengkaji sumber-sumber bacaan sebagai referensi penelitian. Upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis seorang peserta didik pada era globalisasi berdasarkan teori kognitif terbagi menjadi empat model pembelajaran yang berbeda satu sama lain, baik itu dari tahapannya, tujuan, dan teknik y ng digunakan juga memiliki ciri khas nya masing, berikut 4 jenis model pembelajaran yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis seorang peserta didik pada era globalisasi berdasarkan teori kognitif : 1). Video interaktif alur MERRDEKA adalah model pembelajaran yang berbentuk vidio interaktif yang memiliku alur 2). Model Pembelajaran Berbasis Masalah / Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang mana peserta didik diberikan suatu masalah dan harus bisa menyelesaikan maslah tersebut baik secara mandiri ataupun kelompok 3). Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Assessment Learning adalah model pembelajaran yang dibuat untuk melatih kemampuan peserta didik dalam menemukan dan mencari sendiri penyelesaian dari hal tersebut. dan 4). Kegiatan green lab adalah model pembelajarn yang berupa kegiatan di alam yang berdasarkan pada profil pelajar pancasila dan juga cocok diberikan kepada anak tingkat Sekolah Dasar yang mana di setiap tingkatan kelasnya juga memiliki perbedaan masing-masing. Saran kedepannya agar pemerintah dan sekolah dapat mengembangkan model pembelajaran yang ada dan menciptakan model pembelajaran lainnya yang lebih menarik. Keywords:bernalar kritis, model pembelajaran, dan peserta didik.

Keywords


Keywords:bernalar kritis, model pembelajaran, dan peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Ali, H., Sastrodiharjo, I., & Saputra, F. (2022). Pengukuran Organizational Citizenship Behavior : Beban Kerja , Budaya Kerja dan Motivasi ( Studi Literature Review ). Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(1), 83–93.

Arum, R., Kasimin, K., & Ari Setiawan. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Kemampuan Bernalar Kritis Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 138–147. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss2.61

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467

Baharun, H., & Ummah, R. (2018). Strengthening Students’ Character in Akhlaq Subject Through Problem Based Learning Model. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 21. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2205

Budiwiyono, T. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas Xi Smk Negeri 3 Tanjungpinang. Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(2), 536–548.

Desyandri, D., Muhammadi, M., Mansurdin, M., & Fahmi, R. (2019). Development of integrated thematic teaching material used discovery learning model in grade V elementary school. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 7(1), 16–22. https://doi.org/10.29210/129400

Dr. Sugiarti, M. S. (2020). Jurnal Inovasi Pembelajaran. PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PELAJAR PANCASILA PADA ASPEK BERNALAR KRITIS DAN KREATIF DI SMPIT IHSANUL FIKRI KOTA MAGELANG, 7(September), 1–114.

Fadhilah, M. N. (2022). Peran Kegiatan Green Lab Dalam Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar Alam. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 161–174. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.528

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 6(3), 3222–3229. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2581

Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori Kognitif Bruner Dalam Pembelajaran Matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87. https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.141

Kibtiyah, A. M. (2022). Penggunaan Model Project Based Learning (Pjbl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Pada Materi Mengklasifikasikan Informasi Wacana Media Cetak Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 82–87.

https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/article/view/7710

Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya dalam Pembelajaran di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tematik (JPT), 1(3), 253–263.

Nur Antika, R., Rahardjo, C., & Saleh, M. (2021). Analisis Penerapan Modul Erp Pada Perusahaan Sektor Ub (Studi Literature: Pt. Domusindo Perdana Dan Pt. Jepe Press Media Utama Surabaya). Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer, 1(1), 2021.

Putra, E. D., & Amalia, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Assessment Learning. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 57–64. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.17

Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL :Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Saputra, M. D., Joyoatmojo, S., Wardani, D. K., & Sangka, K. B. (2019). Developing critical-thinking skills through the collaboration of Jigsaw model with problembased learning model. International Journal of Instruction, 12(1), 1077–1094. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12169a

Simamora, R. E., Saragih, S., & Hasratuddin, H. (2018). Improving Students’ Mathematical PrSimamora, R. E., Saragih, S., &

Hasratuddin, H. (2018). Improving Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in Local Culture Context. International Electronic Jour. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 61–72.

Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2019). Pengembangan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kemampuan. 2(1), 402–411.

Suminar, D. Y. (2022). Penerapan Video Interaktif Alur Merrdeka Untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Di Sman 10 Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 7(1). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m/article/view/55057

Syafi’i, F. F. (2021). Merdeka belajar: sekolah penggerak. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November, 46–47.

Tharwat, A. (2018). Classification assessment methods. Applied Computing and Informatics, 17(1), 168–192. https://doi.org/10.1016/j.aci.2018.08.003

Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Pembelajaran di Mi). Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 94–111.https://doi.org/10.36835/au.v1i2.23




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2023.6.4.11587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats