UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SEORANG PESERTA DIDIK PADA ERA GLOBALISASI BERDASARKAN TEORI KEPRIBADIAN KOGNITIF
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, H., Sastrodiharjo, I., & Saputra, F. (2022). Pengukuran Organizational Citizenship Behavior : Beban Kerja , Budaya Kerja dan Motivasi ( Studi Literature Review ). Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(1), 83–93.
Arum, R., Kasimin, K., & Ari Setiawan. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Kemampuan Bernalar Kritis Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 138–147. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss2.61
Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467
Baharun, H., & Ummah, R. (2018). Strengthening Students’ Character in Akhlaq Subject Through Problem Based Learning Model. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 21. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2205
Budiwiyono, T. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas Xi Smk Negeri 3 Tanjungpinang. Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(2), 536–548.
Desyandri, D., Muhammadi, M., Mansurdin, M., & Fahmi, R. (2019). Development of integrated thematic teaching material used discovery learning model in grade V elementary school. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 7(1), 16–22. https://doi.org/10.29210/129400
Dr. Sugiarti, M. S. (2020). Jurnal Inovasi Pembelajaran. PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PELAJAR PANCASILA PADA ASPEK BERNALAR KRITIS DAN KREATIF DI SMPIT IHSANUL FIKRI KOTA MAGELANG, 7(September), 1–114.
Fadhilah, M. N. (2022). Peran Kegiatan Green Lab Dalam Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar Alam. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 161–174. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.528
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 6(3), 3222–3229. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2581
Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori Kognitif Bruner Dalam Pembelajaran Matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87. https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.141
Kibtiyah, A. M. (2022). Penggunaan Model Project Based Learning (Pjbl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Pada Materi Mengklasifikasikan Informasi Wacana Media Cetak Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 82–87.
https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/article/view/7710
Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya dalam Pembelajaran di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tematik (JPT), 1(3), 253–263.
Nur Antika, R., Rahardjo, C., & Saleh, M. (2021). Analisis Penerapan Modul Erp Pada Perusahaan Sektor Ub (Studi Literature: Pt. Domusindo Perdana Dan Pt. Jepe Press Media Utama Surabaya). Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer, 1(1), 2021.
Putra, E. D., & Amalia, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Assessment Learning. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 57–64. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.17
Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL :Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925
Saputra, M. D., Joyoatmojo, S., Wardani, D. K., & Sangka, K. B. (2019). Developing critical-thinking skills through the collaboration of Jigsaw model with problembased learning model. International Journal of Instruction, 12(1), 1077–1094. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12169a
Simamora, R. E., Saragih, S., & Hasratuddin, H. (2018). Improving Students’ Mathematical PrSimamora, R. E., Saragih, S., &
Hasratuddin, H. (2018). Improving Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in Local Culture Context. International Electronic Jour. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 61–72.
Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2019). Pengembangan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kemampuan. 2(1), 402–411.
Suminar, D. Y. (2022). Penerapan Video Interaktif Alur Merrdeka Untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Di Sman 10 Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 7(1). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m/article/view/55057
Syafi’i, F. F. (2021). Merdeka belajar: sekolah penggerak. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November, 46–47.
Tharwat, A. (2018). Classification assessment methods. Applied Computing and Informatics, 17(1), 168–192. https://doi.org/10.1016/j.aci.2018.08.003
Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Pembelajaran di Mi). Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 94–111.https://doi.org/10.36835/au.v1i2.23
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2023.6.4.11587
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia