UPAYA MENINGKATKAN SELF EFFICACY DENGAN TEKNIK SYMBOLIC MODELLING PADA SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 7 BANJARMASIN
Nur Inayah
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan self efficacy dengan teknik symbolic modelling pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 7 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan, menggunakan model Kemmis dan McTaggart dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas VIII-A SMP Negeri 7 Banjarmasin berjumlah 35 siswa. Teknik penarikan sampel dengan purposive sampling yaitu memilih sampel berdasarkan kriteria tertentu yang dianggap sesuai dengan variabel dan berdasarkan hasil studi pendahuluan peneliti melalui observasi, wawancara dan hasil AUM (Alat Ungkap Masalah) terdapat beberapa siswa yang terjaring memiliki self efficacy rendah kemudian peneliti memili 4 siswa untuk diberikan teknik symbolic modelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan self efficacy secara signifikan setelah diberikan teknik symbolic modelling. Hal tersebut terlihat pada siklus III seluruh siswa mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu minimal mendapat skor 13 dengan kategori sedang untuk hasil peningkatan self efficacy.
Daryanto, & Mohammad Farid. 2015. Bimbingan Konseling Panduan Guru BK dan Guru Umum. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Hidayat, Dede Rahmat & Aip Badrujaman. 2012. Penelitian Tindakan dalam Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Indeks.
Lestari, Ika Putri Kanthi. 2014. Upaya Meningkatkan Self Efficacy Rendah Terhadap Pemilihan Karir Rendah dengan Konseling Behaviour Teknik Modeling Simbolik Pada Siswa Kelas VIII-A E di SMPN 6 Batang. Skrripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Purwanta, Edi. 2015. Modifikasi Perilaku Alternatif Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Pustaka Belajar.