STUDI DESKRIPTIF PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 11 BANJARMASIN

Muhammad Nurhadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan prokrastinasi yang dialami siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 11 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan adanya siswa yang melakukan prokrastinasi dengan ciri-ciri yaitu, siswa suka menunda memulai maupun menyellesaikan tugas, keterlamban dalam mengerjakan tugas, kesenjangan waktu antara rencana dan penyelesaian tugas, siswa melakukakan kegiatan lain yang sama sekali tidak berkepentingan sama sekali dari pada melakukan tugas yang harus dikerjakan. Prokrastinasi dilakukan siswa yang ditemukan adalah disfuncional procrastination yaitu penundaan yang tidak bertujuan bersifat negatif, penundaan untuk kegiatan yang tidak penting seperti bermain game nongkrong dengan teman-teman.


Full Text:

PDF

References


Emzir. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hidayah, Nur dan Adi Atmoko. 2014. Landasan Sosial Budaya dan Psikologis Pendidikan: Terapannya di kelas. Malang: Penerbit Gunung Samudera.

Ghufron, Nur & Rini Risnawita. 2015. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: PT AM.

Knaus, William. 2010. End Procastination Now! New York: Mc Graw Hill.

Sirois, F. M. (2004). Procrastination and intentions to perform health behaviors:The role of self efficacy and the consideration of future consequences. Ottawa: Carleton University




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2018.1.2.1495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats