PENGEMBANGAN MODUL PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BIDANG KARIER BERBASIS NILAI WASAKA SUKU BANJAR (STUDI PADA SMA NEGERI KOTA BANJARMASIN)

Muhammad Hifni Akbari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul layanan bimbingan dan konseling yang bermanfaat untuk dijadikan acuan dalam melaksanakan pelayanan bimbingan dan konseling bidang karier bagi guru bimbingan dan konseling di SMAN kota Banjarmasin, sehingga layanan menjadi semakin terarah dan mendapatkan hasil yang optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix-method dan jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development). Karena keterbatasan peneliti, maka sampel dari penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA-4 di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas dipilih berdasarkan pertimbangan dan saran dari guru bimbingan dan konseling di sekolah. Pelaksanaan uji coba pengembangan modul pelayanan bimbingan dan konseling bidang karier berbasis nilai Wasaka suku Banjar dilakukan pada kelas X MIPA-4 yang berjumlah 36 peserta didik. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, pengembangan modul pelayanan bimbingan dan konseling bidang karier berbasis nilai Wasaka suku Banjar di SMAN 7 Banjarmasin terbukti efektif mengoptimalkan hasil layanan. Peserta didik mengalami peningkatan nilai post test pada kedua aspek kompetensi bimbingan dan konseling bidang karier. Pada aspek kompetensi wawasan dan kesiapan karier, peserta didik mendapatkan nilai (mean) post test 44,67. Untuk aspek kompetensi perilaku kewirausahaan, peserta didik mendapatkan nilai (mean) post test 43,58. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pengembangan modul pelayanan bimbingan dan konseling bidang karier berbasis nilai Wasaka suku Banjar terbukti dapat mengoptimalkan hasil layanan di SMAN 7 Banjarmasin.

Full Text:

PDF

References


Gladding, Samuel T. 2012. Konseling: Profesi yang Menyeluruh. Terjemahan oleh Winarno dan Yuwono, Llian. Jakarta: PT Indeks

Kadir. (2016). Statistika Terapan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Rachman, Ali & Setiawan, Muhammad Andri. (2017). Keterampilan Komunikasi Konseling Berbasis Ayat Alqur’an dalam Layanan Konseling Sufistik. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 8(1): 23-44. Dari http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/konseling/article/view/Ali%20Rachman. Diakses pada 27 Oktober 2018

Sarbaini, dkk. (2012). Pedoman Pendidikan Karakter Wasaka (Waja Sampai Kaputing) Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin: UPT MKU (MPK-MBB) Universitas Lambung Mangkurat

Widhiarso, W. (2010). Prosedur Pengujian Validitas Isi melalui Indeks Rasio Validitas Isi (CVR). Dari http://wahyupsy.blog.ugm.ac.id/2010/06/16/ prosedur-pengujian-validtas-isi-melalui-indek-rasio-validitas-isi-cvr/. Diakses pada 28 Oktober 2018




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2018.1.2.1496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats