EFEKTIVITAS TEKNIK SELF-TALK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL PADA SISWA KELAS IX B DI SMP NEGERI 6 BANJARMASIN

Noorma Rini Sawitri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan teknik self-talk dalam membantu meningkatkan kemampuan komunikasi verbal pada siswa kelas IX B di SMP Negeri 6 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen bentuk single subject research melalui desain A-B-A yaitu baseline 1 (A1), intervensi (B) dan baseline 2 (A2).  Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Banjarmasin pada bulan 2-15 Mei 2018. Populasi penelitian ini adalah kelas IX B dan sampel berjumlah satu orang. Instrumen penelitian berupa observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi verbal siswa dengan menggunakan teknik self-talk yaitu siswa mampu melakukan target pembentukan perilaku dengan skor yang terus meningkat setiap harinya hingga keberhasilan mencapai 90%. Selama proses baseline 1 (A1) mencapai 0% karena belum ada perlakuan apapun oleh peneliti. Pada intervensi (B) mencapai 60%, dan baseline 2 (A2) mencapai 90%. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah teknik self-talk efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi verbal siswa kelas IX B di SMP Negeri 6 Banjarmasin. Adanya penelitian ini diharapkan pihak sekolah dapat menerapkan teknik self-talk apabila ditemukan kasus siswa yang berkaitan dengan kemampuan komunikasi verbal yang rendah sehingga mampu meningkatkan kemampuan komunikasi verbal siswa tersebut.

Full Text:

PDF

References


Corey, Gerald. 2010. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Erford, Bradley T. 2017.40 Teknik yang harus Diketahui Setiap Konselor Edisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hidayat, Dasrun. 2012. Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mulyana, Deddy. 2014. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2018.1.1.1499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats