PENGEMBANGAN MODUL BIDANG BIMBINGAN PRIBADI BERBASIS NILAI WASAKA SUKU BANJAR UNTUK OPTIMALISASI PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SMA NEGERI 12 BANJARMASIN
Muhammad Ramadani
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul layanan bimbingan dan konseling yang bermanfaat untuk dijadikan pedoman atau panduan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling untuk peserta didik SMA Negeri 12 Banjarmasin, sehingga layanan menjadi terarah dan mendapatkan hasil yang optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix-method dan jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development). Karena keterbatasan peneliti, maka sampel dari penelitian adalah peserta didik kelas X MIA-1 di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas dipilih berdasarkan pertimbangan dan saran dari guru bimbingan dan konseling di sekolah. Pengembangan modul layanan BK ini diuji coba pada kelas X MIA-1 yang berjumlah 35 peserta didik. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan peneliti, pengembangan modul layanan bimbingan dan konseling bidang pribadi berbasis nilai wasaka suku banjar di SMAN 12 Banjarmasin mendapatkan hasil post test dengan uji t berpasangan (paired sample-t test) untuk kedua aspek kompetensi bimbingan dan konseling bidang pribadi mengalami peningkatan, yaitu aspek landasan hidup religius mendapatkan nilai post test 13,63, aspek landasan perilaku etis mendapatkan nilai post test 13,20, aspek kematangan emosi mendapatkan nilai post test 13,23, aspek kematangan emosi mendapatkan nilai post test 12,80, dan aspek kesipan diri untuk menikah dan berkeluarga mendapatkan nilai post test 14,00. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan modul layanan bimbingan dan konseling bidang pribadi berbasis nilai wasaka suku banjar di SMAN 12 Banjarmasin mendapatkan hasil yang optimal.
Kadir. (2016). Statistika Terapan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Nurihsan, Achmad Juntika. (2010). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
Sarbaini, dkk. (2012). Pedoman Pendidikan Karakter Wasaka (Waja Sampai Kaputing) Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin: UPT MKU (MPK-MBB) Universitas Lambung Mangkurat
Widhiarso, W. (2010). Prosedur Pengujian Validitas Isi melalui Indeks Rasio Validitas Isi (CVR). Dari http://wahyupsy.blog.ugm.ac.id/2010/06/16/ prosedur-pengujian-validtas-isi-melalui-indek-rasio-validitas-isi-cvr/. Diakses pada 28 Oktober 2018