EVALUASI PROGRAM LAYANAN INFORMASI KARIR DENGAN MODEL CONTEXT, INPUT, PROCESS, AND PRODUCT (CIPP) PADA CAREER DEVELOPMENT CENTER (CDC) UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN

Ahda Naisha

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah mengetahui penerapan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, and Product) terhadap hasil layanan informasi karir pada CDC Univesitas Lambung Mangkurat, dan keefektifan layanan informasi karir dengan menggunakan model evaluasi CIPP di Career Development Center (CDC) Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Penentuan keefektifan layanan informasi karir dilihat dari seberapa besar ketercapaian tujuan layanan informasi karir yang telah ditentukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan model evaluasi CIPP untuk mengevaluasi tiap komponen Konteks, Input, Proses, dan Produk dalam mencapai proses layanan informasi karir yang efektif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Ketua CDC, Sekretaris CDC, Mahasiswa, dan Alumni Universitas Lambung Mangkurat. Pengumpulan data utama menggunakan wawancara, sedangkan untuk data pendukung menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Data hasil pengumpulan data dianalisis secara triangulasi. Dari hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan layanan informasi karir dinyatakan sudah terlaksana dengan sangat baik.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara.

Badrujaman, Aip. 2014. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan Konseling. Jakarta: Indeks.

Dillah, Farah. 2016. Peran Unit Pengembangan Karir Dan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi (Studi Tentang Proses Rekrutmen Tenaga Kerja Melalui UPKK Universitas Brawijaya. Universitas Brawijaya. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, Volume 2: No 3, Tahun 2016.

Massie, Renaldy, dkk. 2015. Pengaruh Perencanaan Karir, Pelatihan dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai Pada Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara. Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Volume 15: No. 5, Tahun 2015.

Mulyatiningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapa Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Rusdiana. 2017. Manajemen Evaluasi Bidang Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sari, Diah Wulan. 2009. Korelasi Antara Pemahaman Layanan Informasi Karir dengan Motivasi Kerja Siswa Kelas II SMK Negeri 6 Semarang Tahun

Ajaranm2008/2009. mSkripsi. Universitas Negeri Semarang.

Ummah, Mukhtarul. Penerapan Layanan Informasi Karir untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Kelas XII SMAN 1 Krembung Sidoarjo. Universitas Negeri Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2019.2.1.1515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats