EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF-DISCLOSURE DI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi-eksperimen bentuk Nonrandomized Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan SMA Negeri 12 Banjarmasin yang pada tanggal 30 Juli 2018. Pupulasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X dan sampel berjumlah 14 orang yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Masing-masing kelompok beranggotakan 7 peserta didik. Instrument penelitian berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan self-disclosure peserta didik dengan menggunakan teknik sosiodrama yaitu siswa mampu terbuka untuk mengutarakan pendapatnya, bekerja sama dalam kelompok, mulai berani tampil, dan saling membantu satu sama lain. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan self-disclosure siswa kelas X di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Adanya penelitian ini diharapkan pihak sekolah dapat menerapkan teknik sosiodrama apabila ditemukan kasus siswa yang berkaitan dengan keterbukaan diri atau self-disclosure yang rendah sehingga mampu meningkatkan keterampilan sosial siswa tersebut.n
Full Text:
PDFReferences
Adil Prastyanti Mardani, Adil (2015) Peningkatan Pengungkapan Diri (Self-Disclosure) Melalui Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Therapy pada Siswa Kelas VIII SMP N 2 Bantul Tahun Ajaran 2013/2014. S1 Thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA.
Mahfud, Salahudin. 2014. Layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama untuk membantu siswa terisolasi. Jurnal kependidikan islam.
Maryam, Gainau. 2009. Keterbukaan diri dalamperspektif budaya dan implikasinya bagi konseling. Sekolah Tinggi Kristen Prostestan Negeri.
Natih, NiNKomangNDharsana I ketut & SurnatanNKadek. (2014). Penerapan Konseling Rational Emotif dengan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri (self-disclodure) Siswa Kelas X MIA 3 SMAN 2 Singaraja. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, vol 2 (1), 2014.
Utami, Reni. 2011.NPenerapan metode sosiodrama untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran sosiologi kelas XI IPS 1. Skripsi. UNY.
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2019.2.2.1526
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia