KONTRIBUSI ANTARA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN GAME ONLINE TERHADAP PHUBBING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
Abstract
Kemajuan teknologi membawa pengaruh ganda yang bersifat positif dan negatif. Dampak positifnya munculnya internet adalah penggunaan media sosial dan game online yang mudah dan sudah menjadi sebuah kebutuhan memberi dampak negatif yang menimbulkan fenomena phubbing Phubbing (phone and snubbing) adalah tindakan mengabaikan orang lain dengan menggunakan atau memainkan smartphone. Penetian ini adalah penelitian kuantitatif menggunkan jenis peneltian kontribusi. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Lambung Mangkurat. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari angket dengan menggunakan teknik purposive random samplings yang berjmlah 100 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket media sosial, angket game online, dan angket phubbing. Berdasarkan pengujian instrument yang dilakukan yaitu uji validitas dan realibilitas. Angket terdiri dari 41 item pernyataan media sosial, 49 item pernyataan game online, dan 30 item pernyataan phubbing. Sedangkan uji realibilitas menunjukan instrument yang digunakan reliable. Berdasarkan hasil uji persyaratan data yaitu uji normalitas, uji heteroskedasitas dan multikolinearitas, dihasilkan bahwa data peneliti normal, tidak terjadi heteroskedasitas dan tidk terdapat multikolinearitas. Berdasarkan hasil pengujian, bahwa adanya kontribusi variabel X1 dan Y, kemudian variabel X2 dan Y, yang terutama adanya kontribusi X1, X2 terhadap Y secara bersama-sama.
Full Text:
PDFReferences
Damardi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Karadag, Engin dkk. 2015. Determinants of Phubbing, which is the sum of many virtual addictions: A structural equation model. Journal of Behavioral Addictions, 4(2), 60-74. Dari https://www.researchgate.net/publication/272623941_Determinants_of_Phubbing_Which_is_the_Sum_of_Many_Virtual_Addictions_A_Structural_Equation_Model.
Natsir, Tehseen. Metin Piskin. 2016. Phubbing: A Technological Invasion Which Connected the World But Disconnected Humans. The International Journal of Indian Psychology, 3(4), 39-46. Dari https://www.researchgate.net/profile/Dr_Balamurugan_J/publication/309406346_Independence_in_Decision_Making_Considering_the_Distance_between_Parents_and_Their_Children/links/580ee86a08ae7525273d2d94/Independence-in-Decision-Making-Considering-the-Distance-between-Parents-and-Their-Children.pdf.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif fan Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Youarti, Inta Elok. Nur Hidayah. 2018. Perilaku Phubbing Sebagai Karakter Remaja Generasi Z. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 143-152. Dari https://ejournal.stkipmpringsewulpg.ac.id/index.php/fokus/article/download/553/284.
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2019.2.4.1531
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia