Hubungan antara Implementasi Full Day School dan Interaksi Sosial dengan Kecerdasan Emosional pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 10 Banjarmasin

Muhammad Faisal Nizar

Abstract


Masa remaja merupakan suatu masa dimana ketegangan emosi meninggi, maka peserta didik memerlukan kecerdasan emosional yang baik untuk membuat dirinya percaya diri dan sukses dalam prestasi belajarnya disekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara implementasi full day school dan interaksi sosial secara bersama-sama dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang dipakai adalah korelasi. Alat pengumpulan data yang digunakan ialah anget dengan teknik penarikan sampel cluster sampling. Teknik analisis data menggunakan uji correlation dan uji statistik F. Hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Banjarmasin, ditemukan bahwa adanya hubungan antara variabel X1 dan X2 secara bersama-sama dengan Y dari F hitung taraf signifikan 26.479 dan karena probabilitas (0.000) jauh lebih kecil dari F tabel sebesar 0.05. Hal tersebut menunjukkan bahwa variabel implementasi full day school dan interaksi sosial memiliki hubungan secara bersama-sama dengan variabel kecerdasan emosional sebesar 0,588 berdasarkan perhitungan menggunakan rumus korelasi product moment. Maka hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan adanya hubungan antara implementasi full day school dan interaksi sosial secara bersama-sama dengan kecerdasan emosional pada siswa kelasa XI di SMA Negeria10 Banjarmasin dapat diterima, sedangkan H0 ditolak.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Bambang Syamsul. 2015. Psikologi Sosial. Bandung: CV PUSTIKA SETIA.

Baharuddin. 2017. Pendidikan Dan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hurlock, E. B. 1980. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan), Edisi kelima. Jakarta: Erlangga.

Goleman, Daniel. 2000. Kecerdasan Emosional. Jakata: PT Gramedia Pustaka Utama.

Iffa, Nurul Fauziyatul. 2018. Pengaruh Sistem Full Day School Terhadap Prestasi Belajar Pai Siswa Di Mi Yppi 1945 Babat Lamongan. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Prasetyo, Agus. 2017. Pengaruh Full Day School Terhadap Interaksi Sosial Siswa Kelas Viii Di Smp Muhammadiyah Simo Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Santoso, Slamet. 2014. Teori-Teori Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama Salemba Humanika.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2020.3.2.2161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats