Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Perilaku Menjaga Kebersihan Sekolah pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Banjarmasin
Abstract
Siswa memerlukan lingkungan yang bersih agar proses belajar dan pembelajaran berjalan secara kondusif. Siswa SMP Negeri 25 Banjarmasin memiliki masalah dalam menjaga kebersihan sekolah sehingga diperlukan self management untuk menjaga kebersihan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan perilaku menjaga kebersihan sekolah pada siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatakan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitian pre-experimental design dengan bentuk intact-group comparison. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Banjarmasin yang berjumlah 123 orang dengan teknik penarikan sampel purposive sampling. Penelitian ini memiliki sampel berjumlah 16 orang. Sampel diambil berdasarkan hasil angket perilaku menjaga kebersihan sekolah dengan kategori rendah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa diperoleh thit 3,630> ttabel 2,144 Sehingga Ho di tolak dan Ha di terima. Dapat di simpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukan bahwa Bimbingan Kelompok dengan teknik Self Management efektif meningkatkan perilaku menjaga kebersihan sekolah.
Full Text:
PDFReferences
Asrori Muhammad dan Muhammad Ali.2015. Psikologi Remaja perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara
Baharudin. 2017. Pendidikandan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media
Fajriani, Nurjannah dan Desi Luviana.2016. Self management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa; Studi Kasus di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Pencerahan,95.
Farid Mohammad dan Daryanto. 2015. Bimbingan dan Konseling Panduan Guru BK dan Guru Umum. Malang: Gava Media
Hanum Asiah Naipa. 2017. Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Self Management Terhadap Pola Hidup Bersih dan Sehat Siswa di Kelas VII SMP Negeri 1 Percut SEI Tuan T.A 2016/2017, Volume 10 (1) diakses pada tanggal 17 Juli 2019
Hidayat dkk. 2009. Pendidikan Lingkungan Hidup. Jakarta: Erlangga
Juntika, dkk. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Refika Aditama
Nurdjana Alamri. 2015. Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah. Jurnal Konseling GUSJIGANG, Vol 1 (1)
Nursalim Mochamad. 2014. Strategi dan Intervensi Konseling. Jakarta Barat: Indeks
Suriansyah Ahmad. 2011. Landasan Pendidikan. Banjarmasin: Comdes
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2020.3.2.2163
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia