Efektivitas Teknik Bibliocounseling untuk Meningkatkan Pengendalian Emosi pada Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri 7 Banjarmasin
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran pengendalian emosi pada siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 7 Banjarmasin sebelum dan sesudah pemberian perlakuan berupa teknik bibiocounseling melalui layanan konseling kelompok, serta untuk mengetahui efektivitas teknik bibliocounseling untuk meningkatkan pengendalian emosi pada siswa. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif, memakai metode eksperimen yang dibentuk dengan model Intac group comparison. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari angket dan kriteria inklusi dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 8 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan tingkat pengendalian emosi sebelum dan sesudah diberikan teknik bibliocounseling melalui layanan konseling kelompok. Maka, teknik bibliocounseling melalui layanan konseling kelompok efektif untuk meningkatkan pengendalian emosi pada siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 7 Banjarmasin.
Full Text:
PDFReferences
Fadhila, Septya M. 2013. Peningkatan Kemampuan Mengelola Emosi Marah Melalui Teknik Biblioterapi pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan: Univesitas Negeri Yogyakarta.
Hurlock, Elizabeth B. 2013. Perkembangan Anak (6th ed. Jilid 1). Terjemahan Oleh Meitasari Tjandrasa & Musichah Zarkasih. Jakarta: Erlangga.
Lubis, Namora L. 2016. Konseling Kelompok. Jakarta: Kencana.
Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, 2019. Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Santrock, John W. 2007. Remaja (11th ed. Jiliid 1). Terjemahan Oleh Benedictine Widyasinta. Jakarta: Erlangga.
Sari, Nina Permata. Sulistiyana. 2018. Pengembangan Modul Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Instruction Untuk Menerapkan Nilai Waja Sampai Kaputing Pada Mahasiswa FKIP ULM (Penelitian), Cetakan. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat
Shechtman, Zipora. 2009. Treating Child and Adolescent Aggression Through Bibliotherapy. Israel: Springer.
Suriansyah, Ahmad. 2011. Landasan Pendidikan. Banjarmasin: Comdes
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2020.3.2.2168
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia