Studi Identifikasi Perilaku Agresi pada Siswa yang Mengalami Kecanduan Game Online Mobile Legends di SMP Negeri 28 Banjarmasin.

Nur Imtiyaz

Abstract


Game online sudah sangat diminati oleh kalangan pelajar khususnya siswa SMP. Tidak banyak diantara mereka sudah terindikasi kecanduan game online. Dampak dari kecanduan tersebut munculah sebuah perilaku salah satunya agresi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis gambaran perilaku agresi pada siswa yang mengalami kecanduan game online Mobile legends di SMPN 28 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2019 di SMPN 28 Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 66 siswa. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan mengguankan teknik snowball sampling yang berjumlah 2 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi dengan mengggunakan anecdot record, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian “Studi perilaku agresi pada siswa yang mengalami kecanduan game online Mobile legends di SMP Negeri 28 Banjarmasin” adalah responden mengalami kecanduan game online Mobile legends karena menghabiskan waktu bermain game tersebut rata rata lebih dari 35 jam perminggunya. Akibat dari kecanduan bermain game online tersebut maka perilaku yang muncul berupa agresi. Perilaku agresi yang ditunjukkan oleh responden tersebut cenderung mengarah kepada agresi verbal. Dalam hal ini dapat simpulkan bahwa siswa yang mengalami kecanduan game online mobile legends memunculkan perilaku agresi (verbal) yang disebabkan melalui media massa (internet), keadaan sumpek (crowding) dan penyaluran frustasi.

Full Text:

PDF

References


Abdul Rahman, Agus. 2013. Psikologi Sosial Integrasi Pengertahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Chen, C.Y. & Chang, S.L. 2008. An Exploration Of Tendency To Online Game Addiction Due To User’s Liking Of Design Features. Asian journal of Health and Information Sciences. Vol 3. No 1-4. Taiwan diakses pada september 2018

Jabbar, Tammy Nur Komala. 2014. Hubungan Game online Terhadap Perilaku Agresif. Skripsi tidak ditebitkan. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Meinarno, Eko A dan Salito W, Sarwono. 2018. Psikologi Sosial Edisi 2. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Sarwono, Salito W. 2015. Psikologi Remaja edisi revisi. Jakarta: Rajawali Pers

Susantyo, Badrun. 2011. Memahami Perilaku Agresif: Sebuah Tinjauan Konseptual. Jurnal Informasi, 16(3). 194. Dari (https://media.neliti.com/media/publications/52825-ID-memahami-perilaku-agresif-sebuah-tinjauan.pdf ) diakses November 2020

Willis, Sofyan S. 2014. Remaja & Masalahnya Mengupas Berbagai Bentuk Kenakalan Remaja Narkoba, Free Sex dan Pemecahannya. Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2020.3.3.2228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats