Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Homework Assignment untuk Meningkatkan Self Regulation Learning Siswa Kelas VIII SMPN 9 Banjarmasin
Abstract
Para ahli maupun pakar pendidikan sepakat bahwa self regulation learning mempengaruhi perbedaan prestasi belajar siswa. Rendahnya self regulation learning dalam diri siswa akan berdampak pada kurang optimalnya prestasi belajar siswa tersebut disebabkan ia belum mampu mengatur dirinya dengan baik terutama dalam hal belajar. Tujuan diadakannya penelitian adalah untuk mengetahui gambaran self regulation learning pada siswa sebelum dan sesudah diberikannya teknik homework assignment dalam layanan konseling kelompok. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik homework assignment .dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan self regulation learning pada siswa kelas VIII SMPN 9 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pre-eksperiemntal design dengan menggunakan bentuk non-equivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SMPN 9 Banjarmasin. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari angket dan kriteria inklusi dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 10 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian dari data yang diperoleh dengan menggunakan rumus Uji T-test menunjukkan bahwa thit > ttab (8,28> 2,306 dengan probabilitas kesalahan 0.05 atau 5%). Dengan hasil kesimpulan yaitu bahwa adanya perbedaan tingkat self regulation learning siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik homework assignment dalam layanan konsling kelompok. Teknik homework assignment dalam layanan konseling kelompok sangat efektif untuk meningkatkan self regulation learning yang ditandai dengan meningkatnya skor nilai persentase pada siswa kelas VIII SMPN 9 Banjarmasin.
Full Text:
PDFReferences
Fahmi, Nur, Nasrina. Layanan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman, (Online), Vol. 13, No. 1 (https://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/hisbah/article/view/1078, diakses 29 Agustus 2018)
Montalvo, F.T., Torres, M.C.G. (2004). Self-regulated learning: Current and Future Directions. Spain: Departement of Education: University de Navarra. ElectronicJournal of Receach in Educational Psychology, 2 (1),(http://www.investigacionicopedagogica.org/revista/articulos/3/english/Art_3_27. diakses 31 desember 2018)
Rahmiyati, Anis. 2017. Pengaruh Self Regulated Learning terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi, (Online), (https://www.neliti.com/id/journals/jurnal-pendidikan-dan-pembelajaran-untan?page=7, diakses 12 September 2018)
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2021.4.1.2884
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia