Efektivitas Teknik Group Discussion Melalui Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kematangan Karir pada Siswa Kelas XII C Jurusan Akuntansi di SMKN 1 Banjarmasin.

Nur Elvina

Abstract


Pentingnya memiliki kematangan karir padaasiswa sebagai bekal untukkmenjadi individuuyang berkualitas dannmemiliki masa depannyang cemerlang. Tujuan penelitian ini adalah untukkmengetahui efektivitas teknik group discussion melalui layanan bimbingan kelompok untukkmeningkatkan kematangan karir pada siswa. Penelitianiini merupakannpenelitian kuantitatif menggunakan metodeeeksperimen dengannrancangan pre-eksperimen design dalam bentuk one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa pada kelas XII C Jurusan Akuntansi yang berjumlah 34 orang. Sampel pada penelitian ini diperoleh dari kuesioner Skala Likert dannkriteria inklusi dengannmenggunakan teknik purposiveesampling yang berjumlah 4 orang. Prosuder pelaksanaan penelitian yang digunakannadalah bahan perlakuan berupa “Panduan Teknik Group Discussion untuk meningkatkan Kematangan Karir pada siswa kelas XII C Jurusan Akuntansi di SMKN 1 Banjarmasin”. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji Paires Sample T- Test menunjukkan nilai signifikansi 0,006mmaka Hooditolak dan Ha diterima. Sehingga diharapkan dengan adanya penelitian ini terutama untuk guru BK dapat mengimplementasikan teknik Group Discussion secara inovatif dan untuk peneliti selanjutnya dapat memiliki landasan pengetahuan yang kuat dan matang mengenai kematangan karir dan teknik Group Discussion.


Full Text:

PDF

References


Ghufron, M Nur & Risnawita. 2017. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Haditono, Siti Rahayu. 2006. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Hartono, 2016. Bimbingan Karir. Jakarta : Kencana.

Masmuhazir, Mochammad. 2017. Efikasi Diri dan Kematangan Karir Siswa Kelas XII SMK Wahid Hasyim Bangil Pasuruan. Skripsi tidak diterbitkan. Malang : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri.

Nina, P. (2014). Upaya Meningkatkan Komunikasi Antarpribadi Siswa dengan Menggunakan Teknik Diskusi Kelompok di SMP Negeri 24 Banjarmasin. AL JAMI-Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan & Dakwah, 10(20), 49-66.

Saifuddin, Ahmad. 2018. Kematangan Karir Teori dan Strategi Memilih Jurusan dan Merencanakan Karir. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sari, Nina Permata. 2019. Layanan Bimbingan Karir di sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Malang: CV IRDH.

Tjalla, A., Herdi, & Kustandi, C. (2018). Green education-based model online career counseling “ ACIS-Q ” to enhance career maturity of vocational schools students. International Journal of Research Studies in Psychology, 4(January), 36 – 42. doi:10.5861/ ijrsp.2015.993

Tohirin. 2015. Bimbingan dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Integrasi).Depok : PT Rajagrafindo Persada.

Winkel, W.S & Hastuti, M.M Sri. 2007. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta : Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2021.4.1.2887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats