EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL BENTENGAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA PADA KELAS VIII DI SMPN 1 BANJARMASIN

Faridha Rifqi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perilaku prososial siswa sebelum dan sesudah diberikannya teknik permainan tradisional bentengan melalui layanan bimbingan kelompok.Penelitian ini juga bertujuan mengetahui keefektifan permainan tradisional bentengan melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan perilaku prososial siswa kelas VIII di SMPN 1 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksprerimen dengan rancangan True Eksperimen Design dengan menggunakan bentuk Randomized Pre-Test Post-Test Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Banjarmasin. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari angket menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 20 orang.Instumen penelitian yang digunakan adalah bahan perlakuan berupa Pedoman layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan permaianan tradisional bentengan untuk meningkatkan perilaku prososial siswa pada kelas VIII di SMP Negeri 1 Banjarmasin” dan instrumen data berupa pengukuran perilaku prososial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian dari data yang diperoleh dengan menggunakan rumus Uji T-test menunjukkan bahwa thit > ttab (9,08 > 2,101 dengan taraf kepercayaan 95%), dengan hasil kesimpulan yaitu dengan adanya perbedaan tingkat perilaku prososial sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan permainan bentengan dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan permainan bentengan, yang ditandai dengan meningkatnya skor nilai persentase siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Banjarmasin.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi & sholeh. 2005. Psikolgi Perkembangan. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Daryanto,& Farid, M.1(2015). Bimbingan Konseling Panduan Guru BK dan Guru Umum. Yogyakarta: Gava Media.

Gonggong, Anhar.2015. Urang Banjar & Kebudayaannya. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Kurniati, E (2016). Permainan tradisioal dan perannya dalam mengembangkan keterampilan social anak. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Nurihsan. 2010. Bimbingan & Konseling (dalam Berbagai Latar Kehidupan). Bandung: PT Refika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2021.4.2.3409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats