UPAYA MENINGKATKAN KEPUTUSAN KARIER MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 7 BANJARMASIN

Nanda Bestari Adella

Abstract


Keputusan karier adalah suatu rangkaian atau keinginan yang dapat memberikan perkembangan atau kemajuan seseorang dalam suatu kehidupan untuk mencapai jabatan atau pekerjaan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keputusan karier melalui teknik problem solving pada siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Banjarmasin yang memiliki keputusan karier yang rendah. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah PTBK dengan menggunakan pendekatan mix methode, penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, lembar observasi dan rubrik, serta dokumentasi. Sampel peneliti ini adalah siswa kelas XI berjumlah empat orang yang dijaring melalui angket keputusan karier dengan teknik purposive sampling, hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pada setiap kali pertemuan untuk aktivitas peneliti mencapai kategori baik, aktivitas siswa mencapai kategori aktif, dan kemudian aktivitas keberhasilan mencapai kategori berhasil. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan keputusan karier melalui bimbingan kelompok dengan teknik problem solving terlihat terjadinya peningkatan dari siklus I ke siklus II.

Full Text:

PDF

References


Abdullah Sani, Ridwan. 2019. Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tanggerang: Tira Smart.

Agus Sigit. KrJogja.com. Aplikasi 'Pijar Career', Misi Mulia Atasi Pengangguran Terdidik. Rabu, 29 Agustus 2019 / 14:16 WIB diakses pada tanggal 18 Oktober 2019.

Fadli, Rima Pratiwi., Alizamar., Afdal. 2017. “Presepsi Siswa tetang Kesesuaian Perencanaan Arah Karir Berdasarkan Pilihan Keahlian Siswa Sekolah Menengah Kejuruan”. Konselor. 6 (2) 74-82. http://ejournal.unp.ac.id/index.php.konselor.

Gladding, T Samuel. 2019. Konseling. Jakarta Barat: PT. Indeks

Ghufron M. Nur & S Rini Risnawita. 2017. Teori Psikologi. Depok: Ar-ruzz media

Hikmawati, Fenti. 2014. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rajawali pers.

Hikmawati, Fenti. 2017. Metodelogi Penelitian. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Hartono. 2016. Bimbingan Karier. Jakarta: KENCANA.

Satria, Budi dkk. 2015. Self Efficacy Keputusan Karir Pada Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan, 6(3), 1-19. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/INJ/article/download/6737/5521.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suid, Syafrina Afrianti, Tursinawati. 2017. Analisis Kemandirian Siswa Dalam Proses Pembelajaran di SDN 1 Banda Aceh. 5(1).72. Banda Aceh: Univeritas Syiah Kuala. http://www.jurnal.unasyiah.ac.id

Tohirin. 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA

Tim Penyusun Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.

Trijono Rachmat. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Papas Sinar Sinanti.

Uno, Hamzah. 2018. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Utomo, Nurbowo Budi. 2015. “Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Mengikuti Layanan Informasi Bimbingan dan Konseling Melalui Media Puzzle”. Jurnal Psikopedagogia, 4 (1). Hal 73-82 (https://www.researchgate.net/publication/307085660_Upaya_Meningkatkan_Keaktifan_Mengikuti_Layanan_Informasi_Bimbingan_dan_Konseling_Melalui _Media_Puzzle_pada_siswa.

Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan dan Konseling (Studi & Karier). Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Zainal, Aqib & Murtadlo Ali. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: PT.Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2021.4.2.3413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats