PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP SELF INJURY PADA SISWA DI SMPN 21 BANJARMASIN
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui gambaran interaksi teman sebaya, kepercayaan diri, dan self injury pada siswa di SMP Negeri 21 Banjarmasin, serta untuk mengetahui pengaruh antara interaksi teman sebaya dan kepercayaan diri terhadap self injury di kalangan siswa di SMP Negeri 21 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pengaruh. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan teknik penarikan sampel dengan cara statified random sampling yaitu mengambil sampel perkelas dari kelas VII, VIII dan IX secara undian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, dan regresi liniear berganda. Hasil dari penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 21 Banjarmasin, siswa memiliki interaksi teman sebaya dalam kategori sedang, sedangkan pada kepercayaan diri dalam kategori tinggi, dan pada self injury dalam kategori rendah. Hasil penelitianadiperoleh sig 0,524 > 0,05 dan nilai Fhitung 0,649 > Ftabel 3.05 menyatakan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara interaksi teman sebaya dan kepercayaan diri terhadap self injury dikalangan siswa di SMP Negeri 21 Banjarmasin. Hal ini bisa dikarenakan faktor lain seperti faktor keluarga, lingkungan sekolah, maupun interaksi teman sebaya. Adapun hal lain yang memungkinkan tidak adanya pengaruh interaksi dan kepercayaan diri terhadap self injury yaitu siswa menganggap self injury sebagai hal yang biasa saja, siswa merasa jika tindakan tersebut hanya sekedar untuk mencoba merasakan bagaimana sensasi dari menyayat dan melukai diri.
Full Text:
PDFReferences
Ali, Mohammad & Mohammad Asrori. 2018. Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara
Estefan, Grdyana & Yeni Duriana Wijaya. 2014. Gambaran Proses Regulasi Emosi Pada Self Injury [Skripsi tidak diterbitkan]. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul
Maidah, Destiana. 2013. Self Injury Pada Mahasiswa. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Pustaka Setia
Mutiara, Ade Ratna. 2018. Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 Ketapang Tahun Ajaran 2017/2018 [Skripsi tidak diterbitkan]. Bandar Lampung: Universitas Bandar Lampung.
Rachman, Ali. 2017. S Study on Character Building Based on Habituation to form Students’ character. Atlantis Press : 5th South East Asia Development. 221. Dari http://www.atlanti-press.com/proceedings/seadric-17/25877139
Sarastika, 2014. Pradipta. Buku Pintar Tampil Percaya Diri. Yogyakarta: Araska
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2021.4.2.3414
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia