UPAYA MENINGKATKAN ETIKA KOMUNIKASI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEATER MAMANDA PADA SISWA KELAS VIII H DI SMP NEGERI 5 BANJARMASIN

Irma Islamiaty

Abstract


Etika komunikasi yakni suatu norma, nilai, serta tolak ukur tingkah laku melalui menyapa, tidak mempergunjing, tidak mengolok, tidak membedakan teman, juga terlihat dari nada bicara yang lembut, tutur yang sopan, serta ekspresi yang bersahabat. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan etika komunikasi melalui layanan bimbingan kelompok dengan teater mamanda pada siswa kelas VIII H di SMP Negeri 5 Banjarmasin. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan, dilaksanakan dengan tiga siklus. Pada satu siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta angket. Subjek penelitian yaitu 6 orang siswa kelas VIII H dan objek penelitian adalah peningkatan etika komunikasi melalui layanan bimbingan kelompok dengan teater mamanda. Hasil penelitian ini menunjukkan pada aspek aktivitas peneliti, aktivitas siswa, dan penggunaan teknik terjadi peningkatan etika komunikasi melalui layanan bimbingan kelompok dengan teater mamanda pada siswa kelas VIII H di SMP Negeri 5 Banjarmasin pada setiap siklus yang diberikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan teater mamanda dapat meningkatkan etika komunikasi pada siswa. Adapun berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, hendaknya penelitian ini dapat menjadi bahan acuan untuk penelitian selanjutnya agar bisa menghidupkan kembali kearifan lokal kesenian tradisional khususnya teater mamanda karena banyak pelajaran yang dapat diterapkan siswa dalam kehidupan sehari-hari.


Full Text:

PDF

References


Anum, Dan Soekirno Soewalni. 2017.Hubungan Motivasi Berprestasi Dan Etika Komunikasi Dengan Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gajahan Tahun Pelajaran 2016/2017.Jurnal: Pgsd Fkip Universitas Slamet Riyadi Surakarta Hal 4-5 (diakses dari https://jurnal-mahasiswa.unisri.ac.id [11 April 2019])

Aw, Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal.Yogyakarta: Graha Ilmu

Devianty, Rina. 2017. Peran Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah dalam Pendidikan Karakter.Jurnal Ijtamiah UIN Sumatera Utara (diakses dari https://jurnal.uinsu.ac.id [23 September 2020]

Duniawati, Dini Sri. Dkk. 2020. Model Konseling Online Ibunda.id.Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam. Volume 8, Nomor 1, 2020, 01-18 ISSN: 2086-4116(Print), 2685-3760(Online) DOI 10.15575

Huda, Sirajul. 2012. Naskah Pertunjukan Mamanda Teater Tradisi Banjar. Banjarbaru: Scripta Cendikia

Liliweri, Alo. 2015.Komunikasi Antarpersonal Edisi Pertama.Jakarta: Kencana

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: CV Pustaka Setia

Putry, Raihan. 2018. Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Perspektif Kemendiknas.Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies.ISSN: 2461-1468 (diakses dari http://jurnal.ar-raniary.ac.id [23 September 2020]

Sarbaini, Noor Indah W. 2014. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Percakapan Pada Pertunjukan Mamanda (Character Education Values In Conversation Of Mamanda Show). Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya; Vol 4, No 2 (2014); 313-324 (Diakses dari https://ppjp.ulm.ac.id/journal/indeXI.php/jbsp/article/view/3702 [15 Maret 2019])

Sari, N. P., Setiawan, M. A., & Andriani, R. (2020). Modeling techniques in counseling in high school to improve the behavior prosocial. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(2). (diakses dari https://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/viewFile/396/280 [20 Agustus 2020]

Sari, Nina Permata & Setiawan, Muhammad Andri. 2020. Bimbingan dan Konseling Prespektif Indigenous: Etnik Banjar.Jakarta: Deepublish.

Sari, Nina Permata. 2018.The Study of the Concept of Child-Friendly Schools Programs in the Riverbank Areas of North Banjarmasin-“1st International Conference on Creativity, Innovation, Technology in Education” (IC-CITE 2018), Banjarmasin, 23-24 N0vember 2018 (diakses dari https://www.atlantis-press.com/iccite-18/55909584 [1 Maret 2021]

Sugianto, Akhmad. 2020. Workshop Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Guru Bimbingan & Konseling SMP.Pengabdianmu:Jurnal IlmiahOPengabdian kepadaOMasyarakat.OVolume 6, Issue 1, Page 90–96 December 2020 e-ISSN: 2654-4835. (Diakses dari http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/pengabdianmu/article/view/1647 [24 Maret 2021])

Sugianto, Akhmad & Ririanti Rachmayani. 2018. Developing Elementary School Students’ Honesty through Traditional Game of Balalasaman. “3rd Asean Conference on Psychology, Counseling and Humanities “ (AC-PCH 2017) [diakses dari https://www.atlantis-press.com/acpch-17/25890683 (24 Maret 2021)]

Sulistyarini & Jauhar, Muhammad. 2014. Dasar-dasar Konseling.Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Tim Penyusun. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama.Jakarta: tidak diterbitkan

Yonsa, Yuliana Febri Yornai. 2020. Menjalin Hubungan Sosial Melalui Kesantunan Berbahasa.Jurnal Ilmiah Sarasvati Vol 2. No.1 (diakses dari https://journal.uwks.ac.id [23 September 2020]

Yuniardi, Salis. 2017. Edisi Revisi Psikologi Lintas Budaya.Malang:UMM Press




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2021.4.2.3415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats