PENGEMBANGAN MODUL BEDINGSANAKAN, BETETULUNGAN, DAN MAU HAJA BEKALAH BEMANANG UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL

Nidia Intan Larissa

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran interaksi sosial dan kegunaan modul Bedingsanakan, Betetulungan, dan Mau Haja Bakalah Bamanang (BATUHA) untuk meningkatkan interaksi sosial pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Banjarmasin. Penelitian dengan pendekatan Mix-Method ini adalah kombinasi penelitian kuantitatif dan kualitatif yang digunakan secara bersama-sama. Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan dan menguji produk tertentu. Sampel pada penelitian ini adalah 6 orang siswa SMA Negeri 6 Banjarmasin. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan modul BATUHA dengan signifikan asymp sig (2 tailed) = 0.027 < 0.05. Data tersebut sejalan dengan uji modul pada tiga ahli dengan teknik analisis data Uji ICC. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul BATUHA berguna, layak, dan tepat digunakan untuk meningkatkan interaksi sosial peserta didik kelas XI di SMA Negeri 6 Banjarmasin.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Bambang Syamsul. 2015. Psikologi Sosial. Bandung: Pustaka Setia.

Craven, B. C., & Morris, A. R. 2010. Modified Ashworth scale reliability for measurement of lower extremity spasticity among patients with SCI. Spinal Cord (2010) 48, 207-213.

Istiqomah, Ermina. 2014. Nilai Budaya Masyarakat Banjar Kalimantan Selatan: Studi Indigenous. 2014. No. 1 Vol. 5 (Hal. 4)

Jamalie, Zulfa. 2014. Akulturasi dan Kearifan Lokal dalam Tradisi Baayun Maulid Pada Masyarakat Banjar. 2014. No. 2 Vol. 16.

Malikah, Fatikatul. 2018. Penguatan Karakter Tolong Menolong (Ta’awun) Siswa Melalui Program Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja di Smk Al Falah Salatiga Tahun Ajaran 2017/2018. SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Pratiwi, Venni Winta dan Sumarni DW. 2013. Pengaruh Terapi Tawa Permainan Kearifan Budaya Lokal Terhadap Interaksi Sosial pada Lanjut Usia Di Huntara Gondang I, Sleman, Yogyakarta. SKRIPSI. Ilmu Keperawatan. Universitad Gdjah Mada.

Santoso, Slamet. 2010. Teori-teori Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Santrock, John W. 2019. Life-Span Development, Seventeenth Edition. New York. NY: McGraw-Hill Education.

Sari, Nina Permata & Setiawan, Muhammad Andri. 2020. Bimbingan dan Konseling Prespektif Indigenous: Etnik Banjar. Banjarmasin: Deepublish.

Sari, Nina Permata. 2014. Upaya Meningkatkan Komunikasi Antarpribadi Siswa dengan Menggunakan Teknik Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 24 Banjarmasin. AL JAMI - Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan & Dakwah, 10 (20). pp. 49-66.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Tegeh, Made I, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2021.4.3.3880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats