UPAYA MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DI KELAS X IPS SMA NEGERI 11 BANJARMASIN
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk memberikan pengurangan perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMA Negeri 11 Banjarmasin melalui layanan konseling kelompok dengan teknik self management menggunakan rancangan penelitian tindakan (action research) serta data analisis secara deskriptif kualitatif dan dilaksanakan dalam dua siklus. Masing – masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi dan evaluasi) dan refleksi. Subyek Penelitian ini diambil dari siswa kelas X IPS berjumlah 4 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok, teknik self management mengalami peningkatan dalam mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa dari jumlah skor yang diperoleh peneliti pada siklus I pertemuan pertama dan kedua adalah 48 dan meningkat menjadi 57 dengan kategori baik. Adapun pada siklus II pertemuan pertama dan kedua adalah memperoleh skor berjumlah 69 masih dalam kategori baik, dan memperoleh skor 73 dengan kategori sangat baik. Pada aktivitas siswa Siklus I pertemuan pertama dan kedua adalah 18 dan meningkat menjadi 35 yang dinyatakan dalam kategori cukup aktif. Berlanjut keaktivitas siswa pada siklus ke II pertemuan pertama dan kedua adalah 46 meningkat jadi 59 dalam kategori sangat aktif. Pada aktivitas teknik siklus I pertemuan pertama dan kedua dari skor 12 menjadi 26 dengan kategori cukup berhasil, pada siklus II pertemuan pertama dan kedua adalah 36 menjadi 42 dengan kategori sangat berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik self management dapat mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa.
Full Text:
PDFReferences
Aziz, Zaky. 2015. Model Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Pascasarjana. Jurnal Islamic Education.1(2),20. Dari http://core.ac.uk>download>pdf/
Erlangga. 2017. Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2017/2018. Dari http://repository.ac.id/577/1/skripsi
Gufron, M. Nur & S. Risnawita Rini. 2010. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta Ar-Russ Media
Ilyas M. dan Suryadi.22017. Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Islam Terpadu (IT) Boarding School Abu Bakar Yogyakarta. Dari http://journal.umtas.ac.id/
Kurnanto,.Edi. 2014. Konseling.Kelompok. Bandung:.Alfabeta
Latipun. 2015. Psikologi Konseling. Malang: UMM Press
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya
Maolani, R. A, dan Cahyani. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Palmerah. 2013. Mahasiswa melakukkan prokrastinasi, mengapa?. Dari http://wartakota.tribunnews.com/2013/08/05/mahasiswa-melakukan-prokrastinasi-mengapa
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2021.4.3.3883
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia