UPAYA MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PEER COUNSELING PADA SISWA KELAS VII SMP GIBS BARITO KUALA

Farah Nur Sabila, Ririanti Rachmayanie Jamain, Rizky Ildiyanita

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis keberhasilan dalam menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer counseling untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa kelas VII di SMP GIBS Barito Kuala. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) dengan menggunakan mix methods dan dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun sampel diperoleh menggunakan purposive sampling dan didapatkan sampel kelas VII yang berjumlah 4 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan diantaranya: lembar observasi disertai rubrik, pedoman wawancara, dan angket berbasis google form. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada setiap kali pertemuan, untuk aktivitas peneliti mencapai kategori “baik”, untuk aktivitas siswa mencapai kategori “aktif” serta hasil pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik peer counseling mencapai kategori “berhasil”. Dari penelitian tindakan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa resiliensi akademik dapat meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik peer counseling.


Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. 2016. Iktisar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Yrama W.

Azam, Ulul. 2016. Bimbingan dan Konseling Perkembangan di Sekolah ( Teori & Praktik ). Yogyakarta: Deepublish.

Cahyani, PAHI, dkk. 2015. Analisis Keterampilan Bertanya Guru & Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X TAV 1 SMK Negeri 3 Singaraja. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha. 3(1). Dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/download/7204/4924.

Hendriani, W. 2018. Resiliensi Psikologis Sebuah Pengantar. Jakarta: Kencana.

Ika. 2019. Siswa Rentan Alami Stres Akademik. Ugm.ac.id. Dari https://ugm.ac.id/id/berita/18172-siswa-rentan-alami-stres-akademik. Diakses pada 02 Mei 2020.

Jannah, N. 2015. Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Rantau. Jurnal Mahasiswa BK AN-NUR. 1(1). 34-43. Dari https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/download/357/328.

Permadi, Yohanes A. 2021. Pengantar Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2021.4.4.4280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats